Serba Serbi Detik-Detik Proklamasi



Petugas Disperkim Gelar Upacara di Tugu Pancasila, Pramuka Bagi-Bagi Bendera Di Patung Pendekar


MADIUN – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menghormati detik-detik Proklamasi yang menandai Kemerdekaan Indonesia 77 tahun yang lalu. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Petugas Pertamanan dan PJU Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun. Sebanyak 77 petugas menggelar upacara bendera di depan Tugu Pancasila.


Dengan memanfaatkan crane, petugas menyandingkan bendera merah putih dengan patung Garuda Pancasila di lokasi tersebut. Kemudian, memberikan penghormatan kepada sang saka merah putih.


‘’Tujuannya, agar generasi penerus bangsa ini bisa memaknai para pahlawan yang sudah gugur memperjuangkan kemerdekaan,’’ tutur Kepala Bidang Sarana, Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun Andi Anto, Rabu (17/8).


Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 10.15. Yakni, menyesuaikan dengan detik-detik Proklamasi 77 tahun silam.


Menurut Andi, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan secara bersama-sama di Tugu Pancasila. ‘’Sebelumnya dilakukan di RTH masing-masing,’’ ungkapnya.


Hal serupa juga dikatakan oleh Eka Supriyanto. Tenaga Pertamanan Dinas Perkim itu menjelaskan bahwa persiapan telah dilakukan sejak sehari sebelumnya. ‘’Ini partisipasi kami sebagai warga Negara Indonesia harus bisa menghormati bendera merah putih sebagai lambang negara,’’ jelasnya.


Sementara itu, kegiatan serupa juga berlangsung di proliman Patung Pendekar. Di area tersebut, anggota Pramuka menggelar upacara detik-detik Proklamasi bersama pengendara kendaraan yang melintas. Mereka juga membagikan bendera merah putih kepada pengguna jalan.


Selain di Tugu Pancasila dan Patung Pendekar, upacara memperingati detik-detik Proklamasi juga berlangsung di kawasan lainnya. Seperti, Simpang Tugu, Simpang Sleko, dan Simpang Sriti/901. (WS Hendro/Tyo/irs/diskominfo)