Kantor PATGTL Kementerian ESDM Ada di Kota Madiun, Akan Melayani Tiga Provinsi Sekaligus




MADIUN – Masyarakat yang membutuhkan perizinan terkait pemanfaatan air tanah tidak perlu repot lagi. Pasalnya, perizinan bisa diurus di Kota Madiun. Hal itu mengemuka setelah diaktifkannya kantor Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) di Kota Madiun. Kantor PATGTL merupakan UPTD Kementerian ESDM yang melayani perizinan dan pengawasan air tanah. Pengaktifan kantor PATGTL Madiun yang berlokasi di Jalan Jawa nomor 31 tersebut pun berjalan khidmat, Kamis (27/6).

Asisten Administrasi Pembangunan Umum Pemerintah Kota Madiun, Ahsan Srihasto yang mewakili Pj Wali Kota Eddy Supriyanto mengucapkan selamat datang kepada pempinan dan seluruh staf PATGTL yang akan bertugas di Kota Madiun. Kehadiran PATGTL tersebut tentu akan sangat membantu masyarakat khususnya di Kota Madiun.

‘’Tentu saja dengan hadirnya layanan perizinan di sini, masyarakat kami tidak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu yang berlebih untuk melakukan perizinan,’’ kata Ahsan.

Pun, Pemerintah Kota Madiun siap bersinergi dengan PATGTL demi mewujudkan pelayanan yang optimal. Seperti diketahui pemanfaatan air tanah saat ini harus mendapatkan izin dari pemerintah pusat melalui PATGTL Kementerian ESDM. Hal itu dilakukan karena air tanah dan urusan geologi lainnya memerlukan penanganan khusus.

Sementara itu, Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Kementerian ESDM, Ediar Usman menyebut pihaknya berencana membangun sembilan UPTD di seluruh tanah air. Menariknya Kota Madiun menjadi yang pertama. Sebab, di Kota Madiun terdapat aset Kementerian ESDM. Yakni, di Jalan Jawa nomor 31 tersebut. Kantor PATGTL Madiun akan mengurusi tiga wilayah sekaligus sementara ini. Yakni, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

‘’Nanti setelah UPTD Yogyakarta siap, pelayanan akan kami pisah lagi. UPTD DIY membawahi DIY dan Jateng. Sementara untuk wilayah Jawa Timur tetap di UPTD Madiun,’’ ujarnya.

Sebab, bidang usaha yang terkait dengan UPTD PATGTL di Jawa Timur cukup banyak. Karenanya, PATGTL Madiun hanya khusus melayani wilayah Jawa Timur. (rams/agi/diskominfo)