Sepakati Maklumat Suro Damai, Polisi Bakal Turunkan 1.250 Personil Gabungan Amankan Giat Suro




MADIUN – Bulan Suro sebentar lagi. Di Kota Madiun, bakal tersaji sejumlah kegiatan besar dari sejumlah perguruan pencak silat. Kegiatan pengamanan setidaknya bakal melibatkan 1.250 personil gabungan. Hal itu mengemuka dalam rapat koordinasi pengamanan Suro di Polres Madiun Kota, Kamis (27/6). Rakor diikuti Forkopimda termasuk Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto.

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto menyebut rakor bertujuan untuk menyamakan persepsi sekaligus menyatukan pola pengamanan yang akan dilakukan. Pasalnya, sejumlah kegiatan Suro bakal menghadirkan massa dalam jumlah besar. Seperti pengesahan warga PSHT yang diperkirakan mencapai lima ribu orang. Sementara kegiatan Suran Agung PSHW TM diperkirakan bakal dihadiri sepuluh ribu orang.

‘’Ini dalam rangka menyamakan persepsi sekaligus menyatukan pola pengamanan ke depan seperti apa,’’ katanya.

Dalam kegiatan nanti, setidaknya bakal ada 1.250 personil gabungan yang diterjunkan. Kegiatan pengamanan tak hanya pada saat kegiatan. Tetapi juga dilakukan sweeping sebelum hari pelaksanaan. Khususnya sweeping penyalahgunaan minuman keras. Dalam rakor tersebut juga telah disepakati Maklumat Suro Damai yang terdiri dari 14 poin. Di antaranya, hal-hal yang menimbulkan potensi konflik. Seperti larangan konvoi menggunakan kendaraan roda dua, pemakaian knalpot brong, pemakaian atribut perguruan pada saat mobile, senjata tajam dan minuman keras, dan lain sebagainya.

‘’Ada 14 poin dalam maklumat. Prinsipnya kita sepakat untuk tidak melakukan hal-hal yang menimbulkan potensi konflik dan sepakat untuk mewujudkan Kota Madiun yang aman, nyaman, dan damai,’’ tegasnya. (rams/agi/diskominfo)