Agar Makin Tangkas Tangkap Ular, Satpol PP Dan Damkar Gelar Pelatihan Snake Rescue




MADIUN - Saat bekerja melayani masyarakat di lapangan, petugas pemadam kebakaran tidak hanya berhadapan dengan si jago merah. Ada kalanya mereka juga melakukan tugas penyelamatan. Salah satunya, menangkap ular liar yang masuk ke lingkungan tempat tinggal warga.

Karenanya, petugas wajib memiliki keterampilan dan wawasan yang luas. Sehingga, dapat melaksanakan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

"Untuk itu, hari ini kami adakan pelatihan bagi anggota me-rescue reptil. Khususnya ular," ujar Sekretaris Satpol PP Dan Damkar Kota Madiun, Sunarto saat ditemui di garasi damkar, Jumat (28/6).

Dalam pelatihan ini, Satpol PP Dan Damkar menggandeng komunitas Jaga Satwa Indonesia (JSI). Adapun materi yang disampaikan antara lain jenis ular yang sering ditemui di wilayah Kota Madiun dan sekitarnya, upaya penanganan, cara menangkap ular, dan alat yang diperlukan dalam upaya penangkapan ular.

Kegiatan pun diikuti 24 petugas damkar Kota Madiun. Sunarto pun berharap, dengan pelatihan ini bisa meningkatkan keterampilan anggota. Termasuk, mereka yang sebelumnya takut ular bisa menjadi lebih berani. Apalagi, menurut Sunarto, saat ini banyak laporan dari masyarakat tentang adanya ular liar di lingkungan warga. Terutama, di musim penghujan. Laporan ular masuk rumah diterima damkar hampir setiap hari.

"Maka dengan pelatihan ini diharapkan seluruh petugas bisa lebih terampil dan bisa melakukan tugas penyelamatan dengan optimal," harapnya.

Sementara itu, Ketua JSI Yonny Purwandana menuturkan bahwa banyaknya fenomena ular masuk lingkungan warga tak lepas dari perubahan ekosistem di Kota Madiun. Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat segera lapor petugas damkar maupun anggota JSI jika mendapati ular liar di sekitarnya.

"Jangan dibunuh. Sebaiknya lapor petugas agar ditangani dengan baik dan ular bisa dilepas di habitatnya yang jauh dari lingkungan manusia," tandasnya. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)