Masa Libur Sekolah, Yuk Parents Isi Liburan Anak dengan Aktivitas Riil




MADIUN - Masa liburan bagi anak sekolah adalah waktu terbaik untuk mereset kembali bonding antar anak dan orang tua. Sebab, selama sekolah, kegiatan anak disibukkan dengan pelajaran dan orang tua disibukkan dengan pekerjaan.

Ada baiknya waktu libur sekolah anak diisi dengan beragam aktivitas riil yang bisa memberikan pengalaman baik bagi anak serta mendukung perkembangan mereka.

Dikutip dari berbagai sumber, dengan menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak akan memberikan pengalaman baik sekaligus mendukung perkembangan anak.

Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan, misalnya olahraga atau hiking. Selain itu bisa juga menghabiskan waktu bermain di ruang terbuka hijau bersama dengan anak.

Atau juga kegiatan yang menstimulasi bahasa, misal ikut kegiatan bahasa, dan juga bahkan melatih anak-anak membantu orang tua.

Selama libur sekolah, perhatian anak-anak sebaiknya dialihkan dari permainan menggunakan gawai ke permainan yang mencakup interaksi tatap muka langsung dengan orang lain.

Disarankan orangtua untuk memanfaatkan libur masa sekolah untuk memperbanyak dialog dengan anak, meningkatkan kedekatan anak dengan keluarga, dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk kembali menjalani rutinitas belajar.

Selain itu, dirinya juga bisa memanfaatkan waktu luang selama libur sekolah untuk meningkatkan keterampilan hidup anak dan memberikan pengalaman baru yang tidak didapat anak selama sekolah maupun saat menggunakan gawai.

Orang tua, selama liburan sekolah, bisa menerapkan pembatasan penggunaan gawai maksimal selama tiga jam sehari pada anak.
(Dspp/kus/madiuntoday)