PPDB Zonasi SMA Hampir Terpenuhi, Masih Ada Kesempatan Di Zonasi Sebaran




MADIUN – Kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi jenjang SMA negeri di Kota Madiun hampir terpenuhi. Sejak dibuka pada Kamis (27/6), ratusan calon peserta didik telah beradu jarak untuk mendapatkan sekolah terdekat.

Berdasarkan pantauan melalui website PPDB Jatim pukul 10.30 pada Jumat (28/6), kuota zonasi terdekat telah terpenuhi. Namun, ini bukan hasil final. Peserta masih dapat tergeser jika ada pendaftar baru dengan jarak rumah yang lebih dekat.

Sedangkan, kuota pada zonasi sebaran masih tersedia. Seperti di SMAN 1 Kota Madiun. Dari 61 kuota zonasi sebaran baru terisi 35 kursi. Begitu pula di SMAN 2 dari kuota 61 baru terisi 59. SMAN 4 dari 71 kuota baru terisi 35. SMAN 5 baru 62 kursi dari 68 kuota dan SMAN 6 baru 47 kursi dari 54 kuota.

"Untuk zonasi, kuotanya 50 persen dari total daya tampung sekolah," ujar Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Madiun Devy Yuniar.

Adapun dari kuota 50 persen tersebut dibagi menjadi dua jalur. Yakni, zonasi terdekat sebanyak 30 persen dan zonasi sebaran 20 persen.

Untuk itu, Devy mengimbau kepada calon peserta didik agar selalu memantau tahapan PPDB. Sehingga, tidak ketinggalan informasi. Terutama, hasil seleksi dan proses daftar ulang.

"Zonasi ini tahap akhir. Jika ada sekolah yang pagunya tidak terpenuhi, tidak ada jalur tambahan. Namun, saya optimis sekolah di Kota Madiun pagunya terpenuhi semua," jelasnya.

Lebih lanjut, Devy menambahkan bahwa pelaksanaan PPDB adalah gratis. Alias, tidak dipungut biaya. (Ws Hendro/irs/madiuntoday)