Tambah Pedestrian, Normalisasi Saluran Kartini Sudah Nyaris Separuh Jalan


MADIUN – Satu lagi pedestrian di Kota Madiun akan bertambah. Kali ini, Pemerintah Kota Madiun memanfaatkan sungai di Jalan Kartini tepatnya di belakang sejumlah sekolah kawasan jalan tersebut. Pun progres pengerjaan sudah melebihi target yang ditentukan.


‘’Sampai saat ini sudah 42,82 persen. Kalau mengacu jadwal, harusnya 41 persen. Berarti kita sudah surplus dari 1 persen,’’ kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun, Suyanto, Rabu (14/9).


Proyek dengan nama normalisasi saluran Kartini tersebut sepanjang 349 meter dari jalan Pahlawan sampai simpang empat Jalan Diponegoro. Bagian sungai tersebut ditutup dengan gorong-gorong super besar dan ada juga yang memakai box culvert. Box culvert yang dipakai berukuan 2x2 meter. Sedang, gorong-gorongnya memakai Reinforced Concrete Pipe (RCP) dengan diameter 1,5 dan 1,2 meter. Itu lantaran menyesuaikan lebar sungai di kawasan tersebut. Suyanto menyebut, lebar kawasan pedestrian tersebut nantinya sekitar lima meter. 


‘’Untuk tahun ini hanya pemasangan gorong-gorong box culvert dan pengurugan. Proyek akan dilanjutkan tahun depan,’’ ungkapnya sembari menyebut pekerjaan sudah berjalan sekitar dua bulan. 


Suyanto menambahkan bagian sungai yang sudah terpasang box culvert maupun RCP sudah separuh jalan. Terkait hasil akhirnya nanti, Suyanto menyebut kawasan tersebut akan menjadi pedestrian seperti di Sumber Umis timur yang mengarah ke Jalan Kalimantan. Pun, akan dipasangi keramik, lampu, kursi, meja, dan payung. Tidak menutup kemungkinan pedestrian tersebut juga menjadi penghubung rencana Sekolah Komplek SMPN 1 Kota Madiun.


‘’Untuk fungsinya seperti apa ke depan itu mungkin nanti pimpinan yang lebih memahami. Tetapi yang jelas, itu untuk pedestrian,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });