BLT BBM Resmi Digulirkan di Kota Madiun



MADIUN – Pencairan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai bergulir. Kantor Pos KCU Madiun ditunjuk sebagai penyalur salah satu jenis bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak ini.


‘’Masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) datang dengan membawa KTP atau KK,’’ ujar Mochamad Budiono, Deputi EGM Kantor Pos KCU Madiun, Jumat (9/9).


Di Kota Madiun, terdapat 9.536 warga yang terdaftar sebagai KPM BLT BBM. Mereka juga tercatat sebagai penerima bantuan sembako tunai (BST).


Penyaluran kedua jenis bansos itu dilaksanakan berbarengan. Per orang menerima BLT BBM senilai Rp 300 ribu untuk dua bulan (September dan Oktober), serta BST senilai Rp 200 ribu. Sehingga, setiap KPM menerima pencairan Rp 500 ribu untuk kedua jenis bantuan tersebut.


Proses penyaluran bantuan ini sama seperti sebelum-sebelumnya. Warga yang mendapat pemberitahuan terdaftar sebagai calon penerima, tinggal datang dengan membawa bukti KTP atau KK.


“Untuk Kota Madiun, penyaluran dilaksanakan pada Jumat, Senin, dan Selasa. Di lokasi akan diverifikasi data diri dan data yang kami miliki,’’ terangnya.


Selain di kantor pos, penyaluran BLT BBM dan BST juga dilaksanakan melalui kantor kelurahan atau diantar langsung ke rumah (khusus difabel dan lansia). 


‘’Targetnya, penyaluran BLT BBM untuk Kota Madiun bisa selesai dalam waktu tiga hari. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga,’’ imbuhnya. 


Terpisah, Harjo Suradi salah seorang penerima bantuan mengatakan terimakasihnya atas bantuan yang diberikan ini. Warga Kelurahan Ngegong itu mengaku bakal memanfaatkan bantuan untuk keperluan sehari-hari. 


“Bantuan untuk makan sehari-hari, ndak saya buat apa-apa soalnya saya orang tidak. Saya berterima kasih atas bantuan ini,”pungkasnya. 

(Nanda/kus/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });