Hadiri Kunjungan Wamen II BUMN di Inka, Wali Kota Turut Jajal E-Inobus KTT G20



MADIUN – Kesiapan bus listrik E-Inobus untuk transportasi KTT G-20 terus dipantau kementerian terkait. Kali ini, giliran Wakil Menteri II Kementrian BUMN RI, Kartika Wirjoatmodjo yang berkunjung ke PT Inka (Persero) untuk meninjau bus tersebut, Senin (29/8). Wali Kota Madiun, Maidi juga turut mendampingi dalam kunjungan tersebut. 


‘’Nyaman, saya bisa menikmati. Akselerasi juga sudah bagus. Kuat tapi ringan. Sudah layak lah,’’ kata Wamen.


Tidak hanya itu, dalam kunjungan tersebut juga mengemuka kerja sama antara PT Inka dengan sejumlah perusahaan. Kerja sama itu juga terkait dengan proyek pembuatan bus listrik tersebut. Salah satunya, untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai dengan anjuran presiden. TKDN pembuatan bus listrik tersebut mulai 42 persen hingga 56 persen. Bahkan, sejumlah bus bisa mencapai hingga 72 persen ke depan setelah adanya kerja sama tersebut.


‘’Semoga ini bisa menjadi awal kebangkitan manufaktur Indonesia,’’ ungkapnya. 


Wali Kota Madiun, Maidi menyambut baik kerja sama tersebut. Artinya, bakal berdampak baik juga untuk Kota Madiun. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, peningkatan perekonomian, dan lain sebagainya. Dengan kerja sama tersebut diharapkan semakin banyak kunjungan ke Kota Madiun. Alhasil dapat meramaikan perhotelan dan juga usaha kuliner di Kota Pendekar. Wali kota mengaku bakal mempersiapkan Kota Madiun agar nyaman untuk para pengunjung. 


‘’Tentu saja ini sesuatu yang baik ya. Pemerintah akan terus berkontribusi dengan memberikan pelayanan yang terbaik, menyiapkan kota yang nyaman untuk dikunjungi,’’ kata wali kota. 


Terkait bus listrik, wali kota mengaku bakal melayangkan surat kepada Kementerian Perhubungan agar Kota Madiun juga dioperasikan bus listrik tersebut usai gelaran KTT G-20. Sebab, keberadaan bus listrik tersebut akan dioperasikan di sejumlah kota besar di tanah air usai gelaran dengan dikelola PT Damri. Seperti Surabaya dan Bandung. Nah, wali kota juga berharap setidaknya dua bus bisa beroperasi di Kota Madiun untuk transportasi antar daerah sekitar. 


‘’Pembuatannya kan di Kota Madiun, biar masyarakat sini juga bisa merasakan seperti apa bus listrik buatan PT Inka itu. Nanti bisa dioperasikan untuk wilayah Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun Kota dan Kabupaten, Ponorogo),’’ terangnya. (ws hendro/agi/diskominfo)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });