Ramai Soal Minuman Manis Kekinian, Yuk Simak Asupan Gula Ideal Per Hari


MADIUN - Beberapa hari terakhir, netizen di media sosial tengah ramai membicarakan bahaya konsumsi minuman manis bagi kesehatan. Hal tersebut dipicu seorang konsumen minuman teh kekinian yang mengunggah kritikannya terhadap minuman tersebut yang dinilai terlalu banyak mengandung pemanis. 


Menyikapi hal itu, produsen minuman teh kekinian melayangkan somasi karena dinilai mencemarkan nama baik dan mencela produk tersebut. Hal itupun menjadi pembahasan yang ramai di kalangan netizen dan menjadi “trigger” bagi masyarakat untuk lebih sadar dampak dari konsumsi minuman berpemanis. 


Terlepas dari kasus itu, masyarakat memang harus menyadari dampak baik dan buruknya dari minuman manis. Terlebih saat ini, banyak brand dan gerai yang menawarkan berbagai jenis minuman, yang rata-rata memiliki cita rasa manis.


Kementerian Kesehatan dalam laman resminya menyebutkan, konsumsi gula untuk setiap individu yang ideal per hari adalah empat sendok makan. Yakni setara 50 gram atau 10 persen dari total energi.


Jika terlalu sering minum minuman atau konsumsi makanan berpemanis, maka muncul timbulnya penyakit diabetes. Diabetes cenderung menyebabkan penyakit komplikasi lainnya, seperti stroke, penyakit ginjal, jantung, dan penyakit tidak menular lainnya.


Menangantisipasi asupan gula berlebih, saat memasak, kita bisa mengganti gula dengan bahan rempat-rempah, seperti, jahe, kayu manis, dan pala. Selain itu juga mengubah pola hidup dengan lebih banyak minum air putih dibandingkan dengan minuman rasa-rasa.

(Dspp/kus/madiuntoday)


Diposting oleh madiuntoday

27 September 2022
Berita   Kesehatan  

Trending



// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });