30 Tahun Berjualan, Sate Mbak Rum Makin Ramai Setelah Pindah di Lapak Kelurahan



MADIUN – Kota Madiun memang dikenal dengan kulinernya. Tidak hanya pecel, tetapi juga kuliner lainnya. Salah satu yang tak kalah legendaris ada sate Mbak Rum. Sate yang telah ada sejak 30 tahun terakhir itu ternyata juga menjadi langganan Wali Kota Madiun, Maidi dan keluarganya. Omset sate Mbak Rum pun kian meningkat usai berjualan di Lapak Obor Kelurahan Oro-Oro Ombo. 


‘’Alhamdulillah, setelah pindah ke sini, yang jelas tambah nyaman dan juga 20 persen lebih ramai,’’ kata Waromlah, Rabu (21/9).


Mbak Rum sudah sekitar tiga bulan berjualan di Lapak Obor. Dia menempati lapak nomor sembilan. Sebelumnya, dia berjualan dirumahnya di Jalan Kemuning kelurahan setempat. Tempat tinggalnya memang kurang strategis. Sebab, berada di gang sempit. Maksimal hanya bisa untuk dilewati sepeda motor. Namun, diakuinya juga cukup ramai. Maklum dia sudah puluhan tahun menjalani usaha kuliner sate tersebut. 


‘’Yang utama sate ayam. Tapi juga ada sate ati, kulit, usus, kepala dan ceker,’’ jelasnya sembari menyebut sehari bisa habis seribu tusuk di luar sate ceker dan kepala ayam. 


Untuk sate ceker biasanya habis 100 tusuk sehari. Sedang, sate kepala habis rata-rata habis 50 tusuk sehari. Mbak Rum mengaku sudah menjadi langganan keluarga wali kota sejak masih berjualan di Jalan Pandan. Putri wali kota memang bersekolah di SMAN 2 kala itu. Saat ini, wali kota juga sering mampir ke lapaknya. Bahkan saat ada kegiatan di lapak, Mbak Rum diminta buka pagi. Padahal, dia biasa buka mulai pukul 17.00 sampao 23.00. 


‘’Alhamdulillah, pak wali cocok. Kemarin juga nyobain sate ceker, satenya empuk katanya,’’ ungkap Mbak Rum.


Mbak Rum mengaku sangat terbantu dengan hadirnya Lapak UMKM tersebut. Selain menambah ramai usahanya, dia juga mendapat banyak keuntungan. Mulai tempat yang strategis, nyaman, dan murah tentunya. Mbak Rum hanya dikenakan retribusi untuk pembayaran listrik, air, hingga kebersihan yang dikelola paguyuban. 


‘’Tentunya sangat bersyukur ya. Yang jelas di sini lebih mudah dicari dan diketahui orang. Jadi bisa semakin ramai,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)


Diposting oleh madiuntoday

21 September 2022
Berita   Feature  

Trending

RAPAT PARIPURNA

04 October 2022

banner


// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });