Mulai Penerapan KTP Digital, Dilakukan Bertahap Dimulai ASN Pemerintah



MADIUN – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Penerapannya memang bertahap dengan dimulai dari aparatur sipil. Nah, di Kota Madiun juga sudah mulai menerapkan KTP digital tersebut. Tak terkecuali Wali Kota Madiun, Maidi yang melakukan proses registrasi KTP digital, Senin (19/9). Dibantu petugas Dinas Dukcapil Kota Madiun, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut kini sudah memiliki KTP digital.


‘’Jadi ini memang arahan Kementerian Dalam Negeri terkait penerapan KTP digital. Prosesnya dilakukan bertahap dimulai dari lingkup ASN dulu,’’ kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Madiun Agus Triono.


Masyarakat memang tidak perlu melakukan perekaman bagi yang sudah memiliki KTP elektronik. Namun, cukup dengan registrasi di aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang bisa diunduh di play store. KTP digital nantinya bisa diakses melalui aplikasi tersebut. Artinya, KTP digital tidak memiliki fisik seperti KTP elektronik. Tapi bisa ditunjukkan dalam smartphone melalui aplikasi tersebut. 


‘’Secara prinsip sama. Tetapi ini lebih memudahkan. Misal kelupaan tidak membawa KTP secara fisik, cukup menunjukkan dari aplikasi itu,’’ ungkapnya.


Masyarakat, lanjutnya, tidak perlu khawatir soal keamanan. Sebab, untuk mengakses aplikasi diperlukan password khusus yang dibuat pemilik. Artinya, aplikasi tidak dapat dibuka selama password tersebut tidak diketahui orang lain. Agus menambahkan semua masyarakat nantinya juga bakal menerapkan KTP digital tersebut.


‘’Prinsipnya ini untuk mempermudah. KTP elektronik yang ada fisik kartunya itu juga masih tetap berlaku,’’ pungkasnya. (dspp/agi/madiuntoday)


Diposting oleh madiuntoday

19 September 2022
Berita  

Trending

RAPAT PARIPURNA

04 October 2022

banner


// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });