Dialog Kebangsaan FKUB, Wali Kota Ingatkan Toleransi Beragama Sudah Terjaga Sejak Dulu Kala



MADIUN – Masyarakat Kota Madiun, masyarakat yang majemuk. Setidaknya ada 24 suku dan etnis yang menempati Kota Pendekar. Pun, dengan beragam agama yang dipeluk. Biarpun begitu, Kota Madiun tetap aman, nyaman, dan kondusif. Hal itu tak terlepas dari peran semua pihaknya yang turut saling menjaga. 


‘’Kota ini sudah sejak dulu selalu aman biarpun berbeda-berbeda. Ada gereja, klenteng, masjid, yang usia ratusan tahun dan tetap terjaga sampai saat ini. Itu menandakan masyarakat kita itu memiliki toleransi yang tinggi sejak dulu,’’ kata wali kota saat Sarasehan Dialog Kebangsaan Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Madiun 2022 di Lapak Obor Kelurahan Oro-Oro Ombo, Jumat (2/9).


Wali kota menambahkan kerukunan itu wajib terus dijaga dan ditingkatkan. Karenanya, dialog digelar untuk saling memberikan saran masukan. Selain itu, Pemerintah Kota Madiun juga terus berupaya memberikan fasilitas penunjang. Salah satunya, sarana ibadah. 


‘’Saat ini sedang kita bangun enam tempat ibadah di satu tempat. Lokasinya di Sumber Umis. Ini akan sebagai perwujudan toleransi masyarakat kita tetap terjaga,’’ ungkapnya. 


Kawasan sumber umis sisi barat memang akan menjadi lokasi Pahlawan Religi Center (PRC). Selain ada Musala Ka’bah sebagai lokasi wisata manasik haji, juga ada enam tempat ibadah. Wali kota berharap masyarakat dan wisatawan yang mungkin membutuhkan tempat ibadah di sela berwisata dapat dengan mudah menemukannya. 


‘’Kota ini akan menjadi kota metropolis. Kota yang ramai. Harus tetap dijaga keamanan dan kenyamanannya. Kalau ada oknum-oknum yang berpotensi meresahkan harus segera diingatkan,’’ pungkasnya sembari menyebut NKRI harga mati. (nanda/agi/diskominfo)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });