Pemuda Kota Madiun Salurkan Kreativitas Untuk Tingkatkan Pembangunan Kota (1)


Tim Kreatif DLH Pesan Agar Masyarakat Ikut Jaga Keindahan Kota
MADIUN - Pemuda sebagai generasi penerus bangsa memiliki peranan penting dalam pembangunan. Karenanya, Pemerintah Kota Madiun terus berupaya meningkatkan peran pemuda. Yakni, dengan menyediakan wadah untuk menyalurkan bakat, keterampilan, dan kreativitas.
Salah satunya seperti tim kreatif di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup. Selama 3 tahun terakhir, mereka menjadi motor untuk mempercantik wajah kota melalui keterampilan melukis.
"Selama tiga tahun ini kami ikut menjalankan program Bapak Wali Kota (Maidi, red) tentu ada kepuasan tersendiri saat orang-orang bisa ikut menikmati dan merasa nyaman di Kota Madiun," tutur Gatot Gunawan, Ketua Tim Kreatif DLH saat ditemui di Jalan Rimba Darma, Rabu (10/8).
Tidak sendirian, Gatot bersama empat anggota lainnya senantiasa memberikan goresan cat yang indah di setiap sudut kota. Mereka juga menentukan tema di setiap gambar yang akan dilukiskan.
Gatot menjelaskan, ada warna tertentu yang selalu digunakan untuk menggambarkan filosofi Kota Madiun. Yakni, putih, merah, hijau, biru, kuning, dan emas.
Jika dipadukan, seluruh warna tersebut menggambarkan pemimpin yang bersih (putih) akan berani (merah) membawa perubahan untuk kemakmuran (hijau) masyarakat. Sehingga, seluruh warga hidup damai (biru) dan sejahtera (kuning). Dengan begitu, dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (emas).
Meski begitu, upaya mempercantik wajah kota ini seringkali menjadi korban vandalisme oknum tak bertanggung jawab. Karenanya, Gatot dan kawan-kawan mengimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga keindahan kota.
"Kalau melihat ada aksi buruk, mohon dilaporkan. Justru kami ingin mengajak mereka untuk menuangkan kreativitas. Daripada coret-coret yang tidak jelas," ungkapnya. (Nanda/irs/madiuntoday)





// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });