Kemendikbudristek Bakal Dokumentasikan Perguruan Pencak Silat PSHW Tunas Muda Jadi Film dan Arsip Negara



MADIUN - Salah satu perguruan pencak silat yang ada di Kota Pendekar akan didokumentasikan menjadi sebuah film dan arsip negara oleh Kementrian

Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek). 


Hal itu diketahui dalam audiensi Wali Kota Maidi bersama Persaudaraan "Setia Hati" Winongo (PSHW) Tunas Muda Madiun - Pusat Indonesia, Senin (29/8) di Balaikota Madiun. 


Kedatangan perwakilan PSWH Tunas Muda Madiun di balaikota itu, untuk bersilaturahmi sekaligus meminta dukungan kepada orang nomor satu di Kota Madiun. 


Menyikapi hal itu, Wali Kota Maidi mengapresiasi dengan baik hal tersebut. Dirinya menilai langkah ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan dan menjadikan pencak silat semakin dikenal luas. 


“Ini bagus. Artinya upaya untuk melestarikan pencak silat bukan hanya wacana,” ungkap wali kota. 


Untuk diketahui, PSHW Tunas Muda telah lolos seleksi substansi dokumentasi karya atau pengetahuan maestro sebagai perguruan pencak silat di Indonesia. Maka dari itu, sebagai tindak lanjutnya, salah satu perguruan pencak silat yang ada di Kota Madiun itu akan didokumentaaikan menjadi sebuah film dan arsip negara. 

(Tyo/kus/diskominfo)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });