Pemkot Madiun Gandeng UNY Optimalkan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender



YOGYAKARTA – Kesenjangan gender terus diminimalkan di Kota Madiun. Bahkan, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak setempat menggandeng Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam urusan pengarusutamaan gender di Kota Pendekar. Kerja sama dinilai penting dan perlu khususnya dalam penyusunan rencana aksi daerah pengarusutamaan gender tersebut. 


‘’Pemikiran banyak kepala akan lebih sempurna dari pada pemikiran satu kepala. Tak terkecuali dari kaum perempuan. Karenanya, di Kota Madiun sangat menghargai dan memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan untuk ikut terlibat dalam pembangunan kota,’’ kata wali kota saat Pemarapan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender (RAD PUG) Kota Madiun di Hotel Manohara, Yogyakarta, Sabtu (27/8).


Wali kota berharap hak-hak perempuan dalam berbagai bidang pembangunan daerah dapat semakin maksimal dengan terjalinnya kerja sama tersebut. Pemikiran pada akademisi diharapkan dapat menyempurnakan rencana aksi yang telah disusun pemerintah daerah. Wali kota menambahkan kesempatan bagi kaum perempuan untuk berkontribusi di pemerintah sudah cukup luas. Buktinya, ada banyak kelurahan yang dipimpin pejabat-pejabat perempuan. 


‘’Prinsipnya kita tidak pernah mengesampingkan pemikiran perempuan. Justru semakin banyak kita libatkan. Nah, melalui kerja sama ini harapannya peran perempuan tersebut semakin bisa dimaksimalkan,’’ imbuhnya. 


Wali kota menambahkan pengarusutamaan gender tersebut bukan sekedar urusan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan. Tetapi juga mengurangi angka kemiskinan, meminimalkan kesenjangan, dan juga terkait kemajuan lingkungan. (nanda/agi/diskominfo)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });