Percantik Wajah Kota, DLH Tambah Spot Dinding Kosong yang Bakal di Mural



MADIUN - Dinding kosong di sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Pendekar bakal semakin cantik kedepan. Hal itu lantaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat bakal menghias tembok dengan hiasan lukisan-lukisan atau mural. 


“Lokasi atau dinding yang kumuh dan kerap jadi sasaran vandalisme itu kami percantik sesuai estetika kota,” terang Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Kota Madiun Aang Marhaendra Budiono, Jumat (16/9). 


Lokasi yang dipersolek di antaranya, dinding di kawasan simpang empat Jalan Citandui-Jalan Barito, kawasan Ngrowo Bening Edupark, dan kawasan jembatan penyeberangan orang (JPO) depan Plaza Lawu. Dalam waktu dekat, simpang tiga Jalan Pandan-Jalan Ahmad Yani segera dikerjakan pada akhir bulan atau awal bulan depan. 


Lebih lanjut Aang menjelaskan, mural tak hanya untuk estetika. Lebih dari itu, mural juga sebagai sarana edukasi masyarakat. Sebab, mengusung konsep sejumlah program Kota Madiun yang tengah berjalan. Mulai tema Madiun Kota Sejuta Bunga, Pahlawan Street Center (PSC), Kota Pendekar, dan program lainnya terkait lingkungan hidup. 


‘’Eksekutor lapangan tim kreatif dari DLH. Ada sekitar enam orang. Di tiap lokasi ada tema lukisan tersendiri yang sesuai program Pemkot Madiun,” pungkasnya.

(Nanda/kus/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });