Geliatkan Ekonomi Lokal, Percasi Gelar Kejuaraan Tingkat Kecamatan di Lapak Kelurahan


MADIUN – Event olahraga di Kota Madiun memang tidak hanya sebagai ajang mewadahi minat dan bakat masyarakat. Namun, juga sarana peningkatan ekonomi. Seperti event yang digelar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Madiun ini. Percasi sengaja menggelar kejuaraan catur tingkat kecamatan di lapak UMKM. Selain mengenalkan keberadaan lapak, melalui event tersebut diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian lokal. 


‘’Acara ini tentu saja untuk memasyarakatkan olahraga, khususnya olahraga catur. Kita sengaja menggelar kejuaraan di lapak juga untuk mengenalkan keberadaan lapak sebagai sentra ekonomi,’’ kata Ketua Percasi Kota Madiun, Satrio Teguh Pranowo di sela turnamen catur tingkat kecamatan di Lapak Sriti Kelurahan Nambangan Lor, Minggu (28/8).


Kejuaraan terbagi dalam tiga wilayah. Sebelumnya, sudah tersaji kejuaraan tingkat Kecamatan Kartoharjo. Saat ini, tengah berlangsung untuk Kecamatan Manguharjo. Terakhir, bakal digelar untuk lingkup Kecamatan Taman. Kejuaraan tidak terbatas usia. Mulai anak-anak hingga dewasa bahkan lansia diperbolehkan turut dalam kejuaraan. Satrio menyebut event memang untuk memfasilitasi minat bakat masyarakat di bidang olahraga catur. Mereka yang biasa bertanding untuk hobi bisa sedikit meningkat dengan turun di kejuaraan. 


‘’Setelah di lingkup kecamatan selesai, akan kita gelar untuk tingkat se-eks karisidenan Madiun. Artinya, ajang ini sekaligus untuk pemanasan dan seleksi,’’ ungkapnya sembari menyebut kejuaraan antar daerah se-eks karisidenan akan digelar di Lapak UMKM Kelurahan Manguharjo.


Kendati lingkup kecamatan, antusias pecatur cukup besar. Satrio menyebut setidaknya terdapat 100 lebih peserta. Karenanya, antusias yang besar tersebut harus dioptimalkan. Hal itu sejalan dengan pogram Pemerintah Kota Madiun terkait peningkatan SDM masyarakat. Percasi, kata Satrio, juga ingin berkontribusi khususnya dalam peningkatan SDM masyarakat tersebut.


‘’Pemerintah sudah memberikan fasilitas yang luar biasa. Salah satunya, sentra-sentra ekonomi lokal. Kami juga ingin meramaikan itu sekaligus peningkatan SDM masyarakat khususnya dalam bidang olahraga catur,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)





// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });