BPBD Dan 501 Bersih-Bersih Area Jembatan Manguharjo



MADIUN - Tumpukan sampah yang menumpuk mampu memengaruhi kekuatan tiang jembatan. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun melaksanakan upaya pembersihan sampah secara berkala. 


Salah satunya seperti tampak pada kegiatan personel BPBD di area Jembatan Manguharjo, Senin (5/9). Bersama Kostrad Para Raider 501, mereka menggelar bersih-bersih sampah bambu yang menumpuk di tiang jembatan tersebut. 


Kalaksa BPBD Kota Madiun Jariyanto mengatakan, upaya pembersihan dilakukan dengan memotong dan mencabut bambu yang ada di sekitar tiang jembatan. Juga, rumput ilalang yang memenuhi area tiang. 


"Kami upayakan seminggu ke depan sudah bersih," tuturnya. 


Dalam giat tersebut, BPBD menerjunkan 10-15 personel yang bekerja secara bergantian. Juga, dibantu 10 personel Yonif Para Raider 501. Mereka menggunakan perahu untuk menuju ke area tiang. Serta, membawa berbagai perlengkapan seperti gergaji mesin dan manual. Juga, sambit dan tali untuk membersihkan sungai. 


Kepada masyarakat, Jariyanto mengimbau untuk tidak membuang sampah di sungai. Sehingga, aliran sungai bisa lancar dan tidak menimbulkan penumpukan sampah. 


Selain Jembatan Manguharjo, tim BPBD juga akan melaksanakan kegiatan serupa di area sungai yang lain. "Menurut informasi warga, ada di Jembatan Branjangan dan arah Sleko. Kami akan kerjakan setelah dari sini," tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });