Laksanakan Jumbara, PMR Kota Madiun Gelar Aksi Cabut Paku Di Pohon


MADIUN – Selain merusak estetika, keberadaan paku yang menancap di pohon juga bisa mengganggu perkembangan tumbuhan tersebut. Sebagai upaya penyelamatan, Palang Merah Remaja (PMR) Kota Madiun menggelar aksi cabut paku di pohon.


Hal ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke II tahun 2022 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan tersebut berlangsung di Ngrowo Bening Edupark.


‘’Melalui kegiatan ini, kami mengajak adik-adik PMR untuk belajar merawat dan peduli terhadap lingkungan,’’ tutur Ketua PMI Kota Madiun dr. Agung Sulistya Wardhani, Kamis (15/9).


Aksi cabut pohon pun dilakukan setelah apel Jumbara di Ngrowo Bening. Para pelajar SMP dan SMA yang tergabung dalam ekstrakurikuler PMR itu merazia setiap pohon di Ngrowo Bening dan sekitarnya. Jika ditemukan ada paku, langsung dilakukan pencabutan. Termasuk, membersihkan stiker di tiang listrik dan poster yang tertempel di pohon.


Selain aksi cabut paku di pohon, beragam kegiatan juga dilakukan dalam Jumbara. Termasuk, evaluasi pelaksanaan PMR di sekolah.


‘’Melalui kegiatan ini harapannya adik-adik PMR tidak sekadar ikut pelatihan saja. Tapi juga mampu mengejewantahkan rasa kemanusiaan dan menciptakan generasi yang berkualitas, berakhlak, dan memiliki kompetensi yang bagus,’’ tandasnya. (Luqman/irs/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });