Tekan Inflasi, Wali Kota Bangunkan Lahan Tidur Serta Siapkan Bibit Cabai, Pupuk, dan Air



MADIUN – Upaya menekan inflasi dengan pemenuhan barang kebutuhan secara mandiri terus digelorakan Wali Kota Madiun, Maidi. Orang nomor satu di Kota Madiun itu mulai menyiapkan lahan yang dulunya tidur agar bisa ditanami. Salah satunya, di lahan pemerintah sebelah Rusunawa Kelurahan Nambangan Lor. Wali kota melakukan pembajakan lahan menggunakan traktor sebelum dilakukan penanaman. 


‘’Untuk menekan inflasi ini kita punya sejumlah upaya. Ada beberapa titik sembako mulai kita jalankan, mungkin Senin besok. Tetapi untuk jangka panjangnya, lahan tidur kita bangunkan semua untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,’’ kata wali kota, Sabtu (17/9).


Tak hanya itu, Pemerintah Kota Madiun juga menyiapkan 10 ribu bibit tanaman cabai. Masyarakat dipersilahkan untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan bibit tersebut secara gratis. Bahkan, mereka yang tidak punya lahan, bisa bekerja sama mengerjakan lahan milik pemerintah tersebut. Namun, tanaman yang ditanam ditentukan pemerintah. Wali kota memang mengedepankan tanaman cabai. Sebab, cabai kerap kali menjadi pemicu inflasi di Kota Madiun. 


‘’Masyarakat silahkan, kita siapkan lahan, pupuk, dan air. Ini kita juga sedang membuat sumur untuk pengairannya,’’ jelasnya.


Cabai merupakan bahan baku penting untuk sambel pecel. Sedang, Kota Madiun dikenal dengan kuliner pecelnya. Tak heran, jika kebutuhan cabai cukup tinggi di Kota Pendekar. Sementara itu, kebutuhan cabai saat ini masih tergantung kiriman dari daerah lain. Wali kota berharap masyarakat dapat memenuhi kebutuhan cabai secara mandiri. Saat kiriman cabai menurun dan harga naik, masyarakat tidak perlu bingung karena kebutuhan cabai sudah dapat dipenuhi dari petani lokal.


‘’Kita memang memberikan perhatian tersendiri terkait cabai ini. Jangan sampai cabai terus naik yang berimbas pada pecel. Kalau pecel mahal, siapa yang mau makan di sini,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });