Mulai Terlihat Hasilnya, Pembangunan Kawasan Musala Ka’bah Sudah 80 Persen Lebih



MADIUN – Kawasan wisata manasik haji terus dikebut. Progres pembangunan kawasan wisata religi di tengah kota itu sudah mencapai 80 persen lebih kini. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Suwarno menyebut pekerjaan sudah sesuai dari jadwal yang direncanakan. 


‘’Sudah lebih dari 80 persen. Sesuai arahan bapak wali kota, kawasan tersebut memang harus cepat jadi,’’ katanya, Kamis (25/8).


Suwarno menyebut saat ini bagian tengah yang dulu berlubang tepatnya di timur Musala Ka’bah sudah tertutup. Pagar di tepinya juga sudah dihilangkan. Kawasan yang ditutup itu juga sudah dipasangi keramik bermotif. Di kanan-kirinya terdapat tiang seperti di Masjid Nabawi Madinah. Begitu juga dengan payung peneduhnya. Seperti aslinya di Madinah. Suwarno menyebut bagian lain nantinya akan dipasangi granit. 


‘’Nanti yang bagian atas itu tidak lagi difungsikan sebagai tempat parkir. Kalau yang bawah tetap. Yang bawah itu juga masih disewa (untuk parkir),’’ imbuhnya. 


Selain itu, pihaknya juga mengerjakan pemasangan pagar tepi sungai di bagian barat Musala Ka’bah. Tepatnya di sekitar menara Eifel. Bagian tepi sungai tersebut dipagar sampai ke barat sampai ke Jalan Pandan. Sementara di sebelah pagar merupakan area untuk berjalan. Ke depan, juga akan ditambahkan payung, meja, dan kursi. Kawasan itu akan menjadi bagian dari wisata manasik haji Kota Madiun. 


‘’Jadi jamaah nanti dari musala itu berjalan ke barat sampai ke Jalan Pandan kemudian ke utara ke Jalan A Yani terus ke timur kembali lagi ke Jalan Pahlawan. Sepanjang areal itu akan dilakukan perbaikan,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });