Kawasan Bogowonto Siap Diresmikan, Hari Ini Tinggal Pembersihan Sisa Pekerjaan



MADIUN – Kuliner dalam kereta di Jalan Bogowonto akhirnya siap diresmikan. Pembangunan kawasan kuliner unik itu sudah mendekati selesai. Pembangunan kawasan itu memang dikerjakan lintas sektor dengan progres masing-masing pekerjaan mencapai 90 persen lebih. 


‘’Kalau yang menjadi tanggung jawab kami sudah 98 persen. Hari ini rencananya sudah pembersihan sisa-sisa pekerjaan,’’ kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Madiun Thariq Megah, Kamis (1/12).


Pihaknya mendapat sejumlah pekerjaan di sana. Yakni, lanjutan rehab trotoar sisi timur, pembuatan pos satpam, dan pengecatan tembok atas sisi utara. Ketiga pekerjaan itu sudah nyaris rampung. Thariq menyebut pekerjaan sengaja dikebut untuk mengejar peresmian yang dijadwalkan Jumat 2 Desember mendatang. 


‘’Kalau infonya 2 Desember nanti, tapi belum tahu pastinya. Yang penting apa yang menjadi pekerjaan kami sudah selesai sebelum itu,’’ tegasnya. 


Hal senada juga diungkapkan Kabid Cipta Karya DPUPR Kota Madiun Sulistya Pambudi. Pihaknya juga mendapat pekerjaan pembuatan peron di samping gerbong kereta tersebut. Pembuatan peron bahkan sudah 100 persen. Uut, sapaannya, menyebut pihaknya terus berupaya menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab bidangnya sebelum rencana peresmian. 


‘’Untuk kami hanya peron itu. Dan sudah 100 persen perhari ini. Secara keseluruhan bisa dibilang sudah selesai,’’ ungkapnya. 


Selain dari PUPR, pembangunan kawasan kuliner dalam kereta di Jalan Bogowonto tersebut juga melibatkan Dinas Perkim. Khususnya pembuatan gazebo. Pun, gazebo sudah berdiri megah. Sedang, keberadaan kereta beserta lokomotifnya sudah lebih dulu berada di lokasi. Lokomotif dan gerbong tersebut merupakan bantuan dari PT Inka Persero. Sedang, untuk pengembalian keberadaan rel dikerjakan PT KAI. (rams/agi/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });