Wali Kota Siapkan Rp 5,4 Miliar Untuk Penanganan Stunting Dan Gizi Ibu Hamil



MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi semakin serius menangani kasus Stunting di wilayah kota. Bahkan, orang nomor satu di Kota Pendekar ini telah menyiapkan anggaran khusus. Yakni, Rp 5,4 miliar melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini.


‘’Itu untuk September, Oktober, November, Desember. 4 bulan. Di seluruh kelurahan di Kota Madiun,’’ tuturnya saat diwawancarai, Rabu (31/8).


Menurut wali kota, saat ini angka Stunting di Kota Madiun mencapai 12,4 persen. Atau, sekitar 562 anak. Untuk itu, diperlukan penanganan ekstra agar kasus ini dapat segera ditekan.


Tak hanya anak Stunting, anggaran yang disiapkan juga digunakan untuk memenuhi gizi ibu hamil. Dengan begitu, diharapkan bayi yang lahir dalam keadaan sehat dan tidak Stunting.


Lebih lanjut, wali kota menjelaskan, pemenuhan gizi anak Stunting dan ibu hamil ini nantinya akan disalurkan melalui Warung Stunting yang ada di masing-masing lapak UMKM kelurahan. Saat ini, Warung Stunting sudah ada di Lapak UMKM Kampir Kanigoro. Namun, ke depannya semua lapak akan memiliki fasilitas yang sama.


‘’Jangan sampai ada yang kekurangan gizi. Pemerintah tidak hanya sosialisasi dan membina, tapi juga menyediakan,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });