Buka Layanan Setiap Hari, Dukcapil Kota Madiun Luncurkan Layanan Anti Prei



MADIUN – Layanan administrasi kependudukan di Kota Madiun tak mengenal libur. Bahkan, setiap akhir pekan pun tetap membuka pelayanan keliling. Pun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun sudah mengeluarkan jadwal layanan keliling itu pelayanan di Lapak UMKM Kelurahan. 


‘’Administrasi kependudukan itu terus berubah. Pastinya ada saja data penduduk yang berubah. Prinsipnya kami ingin mendekatkan layanan itu agar masyarakat semakin termudahkan,’’ kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun, Agus Triono, Selasa (13/9).


Tak heran, pihaknya tetap membuka pelayanan mesti bukan hari kerja. Layanan di Lapak UMKM Kelurahan itu dimulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Jadwal bisa dilihat seperti infografis di atas. Agus menambahkan pihaknya juga memiliki inovasi terkait layanan setiap hari itu dengan nama Anti Prei. Yakni, Antar dan Datangi Pemohon Adminduk, Secara Gratis Setiap Hari Awan Bengi. 


‘’Tidak menutup kemungkinan dibutuhkan perubahan data adminduk secara mendadak di hari libur. Masyarakat tidak perlu menunggu pengurusan di hari kerja. Bisa langsung dilayani atau melakukan pengurusan secara online,’’ jelasnya. 


Agus menyebut pelayanan administrasi memang tidak bisa dikesampingkan. Bahkan, bisa menjadi vital untuk urusan lainnya. Bahkan, pihaknya juga melakukan layanan jemput bola untuk kondisi tertentu. Seperti, layanan perekaman untuk lansia, disabilitas, hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Layanan jemput bola tersebut dilakukan berdasar permintaan dari masyarakat maupun OPD terkait. 


‘’Prinsipnya petugas kami selalu siap untuk memberikan pelayanan dengan maksimal,’’ pungkasnya. (vincent/dhevit/agi/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });