Cakupan BIAN Sentuh 91,71 Persen, Imunisasi Diperpanjang Sampai 13 September Mendatang



MADIUN – Balita yang belum mendapatkan imunisasi Measles Rubella (MR) tidak perlu khawatir. Pasalnya, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) belum berakhir. Imunisasi untuk balita usia 6-59 bulan itu diperpanjang sampai 13 September mendatang. Orang tua bisa mengantar balitanya ke Puskesmas untuk mendapatkan imunisasi. 


‘’Selain layanan di Puskesmas, giat sweeping juga kita lakukan. Kita cari balita yang belum imunisasi ke rumah-rumah,’’ kata Subkoordinator Pengelolaan Layanan Kesehatan Ibu, Balita, dan Gizi Masyarakat Dinkes PPKB Kota Madiun Heni Siswati, Selasa (6/9).


Heni menambahkan capaian imunisasi di Kota Pendekar sejatinya sudah cukup tinggi. Yakni, mencapai 91,71 persen. Namun, diakuinya masih belum mememuhi target, yakni sebesar 95 persen. Belum terpenuhinya target itu salah satunya dikarenakan masih ada balita yang belum bisa diberikan imunisasi lantaran batuk pilek. Pihaknya, pemberian imunisasi terpaksa ditunda. 


‘’Masih ada sasaran yang batuk pilek sehingga belum bisa dilaksanakan imunisasi. Tetapi, kegiatan sweeping masih tetap dilaksanakan,’’ imbuhnya. 


Seperti diketahui BIAN telah berjalan sejak awal Agustus lalu. Setidaknya, ada 9.513 sasaran dalam giat tersebut. Selain mendapatkan imunisasi MR, vitamin A untuk kesehatan mata. Pun, kegiatan sekaligus menyisir anak-anak yang imunisasi dasarnya belum lengkap, seperti DPT dan Polio. Cakupan tinggi BIAN ini tak terlepas dari peran serta kader-kader posyandu kelurahan, RT/RW, petugas kesehatan puskesmas, hingga babinsa dan babinkamtibmas untuk menggerakkan masyarakat sasaran ke posyandu. Selain itu, tentu upaya jemput bola dengan melakukan sweeping tersebut. (tyo/agi/madiuntoday)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });