Buka Pelatihan Ternak Lebah Madu, Wali Kota Harap Pemberdayaan Masyarakat Semakin Optimal



MADIUN - Upaya Wali Kota Madiun Maidi untuk mengenalkan budidaya lebah madu terus berlanjut. Minggu (21/8), giliran warga di Kelurahan Madiun Lor yang mendapatkan pembinaan tersebut. 


Hadir sebagai narasumber, Wali Kota Maidi mengatakan bahwa budidaya lebah madu sebelumnya telah diujicoba. Yakni, di Pondok Pesantren Abi Bahrun Madinatul Jannah di Jalan Merpati dan Ngrowo Bening Edupark. 


"Di sana sudah sukses semua. Maka ini saya tularkan kepada masyarakat agar budidaya lebah madu ini semakin berkembang dan bisa menjadi ikon Kota Madiun," tuturnya. 


Menurut wali kota, upaya yang dilakukannya ini mengadaptasi cara di Thailand. Raja setempat melakukan ujicoba budidaya tanaman. Setelah berhasil, lantas ditularkan kepada rakyatnya. Tak butuh waktu lama sampai budidaya itu meluas dan menjadi ikon di Thailand. 


Untuk itu, wali kota berharap pemberdayaan masyarakat dalam budidaya lebah madu ini bisa semakin optimal. Sehingga, memberikan keuntungan bagi masyarakat Kota Madiun sendiri. 


Jika budidaya lebah madu berhasil, wali kota berencana menyelenggarakan kegiatan khusus yang tujuannya untuk mengenalkan produk unggulan dari Kota Pendekar. Sekaligus, meramaikan kota. 


"Nanti kita pajang produknya di Jalan Pahlawan. Lalu kita adakan festival sedot madu massal," tandasnya. (Nanda/irs/diskominfo)




// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });