Salat Isya di Masjid Ar-Rohmah, Wali Kota Sosialisasikan Penanganan Inflasi Kepada Jamaah


MADIUN – Penanganan inflasi terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun. Berbagai upaya dan strategi penanganan inflasi tersebut wajib diketahui masyarakat. Karenanya, Wali Kota Madiun terus mensosialisasikan upaya penanganan inflasi itu diberbagai kesempatan. Salah satunya, saat gelaran Salat Isya berjamaah di Masjid Ar-Rohmah Kelurahan Ngegong, Senin (3/10). 


‘’Di Kota Madiun Insyaallah semuanya tidak ada yang sulit. Kita upayakan dengan berbagai cara, termasuk dari penganggaran,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi. 


Wali kota menambahkan Kota Madiun berkinerja cukup baik dalam melaksanakan instruksi pemerintah pusat. Mulai penggunaan produk dalam negeri, percepatan belanja daerah, percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dukungan belanja daerah terhadap penurunan kemiskinan, pengangguran, dan stunting, juga penurunan inflasi. Karenanya capaian itu, Kota Madiun mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat. Kota Madiun mendapatkan DID sebesar Rp 8,6 miliar untuk penanganan inflasi.


‘’Semua harga yang mau naik atau berpotensi naik, harganya, kita tekan. Kita berikan subsidi kepada pedagang. Jadi pedagang tidak perlu menaikkan harga jual tetapi juga tidak merugi,’’ imbuhnya. 


Selain itu, lanjut wali kota, anggaran juga digunakan untuk bantuan langsung tunai daerah (BLTD). Rencananya ada sekitar 3.247 sasaran. Bantuan tersebut tentu saja diperuntukkan kepada masyarakat yang belum mendapat BLT dari pusat. Wali kota menyebut penanganan inflasi jangka panjang juga mulai dilakukan. Salah satunya, dengan pengadaan bantuan bibit tanaman pangan. Khususnya cabai dan sayuran.


‘’Cabai ini sering jadi pemicu inflasi. Kalau kita punya tanaman sendiri, saat kiriman cabai dari luar kota turun, kebutuhan bisa kita cukupi sendiri dengan produksi tanaman kita sendiri. Sehingga harga tidak jadi naik,’’ jelasnya. 


Wali kota juga mengajak masyarakat untuk berhemat. Khususnya hemat dalam berbelanja dan penggunaan barang konsumsi. Hal itu penting untuk membantu menekan inflasi.


‘’Ini butuh peran kita bersama. Pemerintah terus berupaya menekan inflasi, masyarakat juga harus berhemat,’’ pungkasnya. (luqman/agi/diskominfo)


Diposting oleh madiuntoday

04 October 2022
Berita   Kota  

Trending

Sudut Kota Kaya Warna

29 November 2022

banner


// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });