Gali Situs Sejarah, Wali Kota Akan Buru Arsip Hingga Ke Belanda



MADIUN - Kota Madiun merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak situs peninggalan sejarah. Terutama, dalam masa kolonial Belanda. 


Saat ini, masih ada sejumlah situs sejarah yang belum terjamah. Untuk itu, Wali Kota Madiun Maidi berupaya mencari arsip lama terkait bangunan Belanda yang masih ada di wilayah Kota Madiun. 


"Saya lihat dari dokumen di Jakarta bahwa ada bangunan bawah tanah di Kota Madiun. Kita tidak punya arsipnya. Tapi di Belanda ada," ujarnya. 


Karenanya, wali kota akan memburu arsip tersebut. Tujuannya, untuk pengembangan wisata sejarah di Kota Pendekar. 


Lebih lanjut, wali kota menjelaskan bahwa penggalian situs sejarah tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Sebab, dikhawatirkan dapat merusak bangunan itu sendiri. 


"Kita juga tidak tahu ada apa di dalamnya," terang orang nomor satu di Kota Pendekar itu. 


Wali kota pun menambahkan, perburuan arsip ke Belanda bukan satu-satunya cara. Pihaknya juga akan menggunakan teknologi khusus untuk memantau bangunan di bawah tanah. 


"Targetnya tahun ini sudah bisa dilakukan," tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)


Diposting oleh madiuntoday

04 October 2022
Berita  

Trending

Sudut Kota Kaya Warna

29 November 2022

banner


// Initialise Carousel const mainCarousel = new Carousel(document.querySelector("#mainCarousel"), { Dots: false, }); // Thumbnails const thumbCarousel = new Carousel(document.querySelector("#thumbCarousel"), { Sync: { target: mainCarousel, friction: 0, }, Dots: false, Navigation: false, center: true, slidesPerPage: 1, infinite: false, }); // Customize Fancybox Fancybox.bind('[data-fancybox="gallery"]', { Carousel: { on: { change: (that) => { mainCarousel.slideTo(mainCarousel.findPageForSlide(that.page), { friction: 0, }); }, }, }, });