PIN Polio Tahap Pertama Capai 118,8 Persen, Tahap Kedua Dijadwalkan Hingga 23 Mendatang




MADIUN – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua telah dimulai. Tahap kedua ini dimulai, Senin hingga Jumat (23/2) mendatang. Sama seperti tahap pertama, ada sebanyak 18.452 anak yang masuk sasaran proyeksi. Meski begitu, semua anak yang mendapatkan imunisasi pada tahap pertama wajib mendapatkan imunisasi yang kedua ini.

‘’Sasarannya memang 18.452 anak, tetapi pada tahap pertama kemarin kita berhasil menjangkau 118,8 persen atau sebanyak 21.920 anak. Ini semua harus mendapatkan imunisasi kedua,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun, dr. Denik Wuryani, Selasa (20/2).

Capaian PIN polio di Kota Madiun pada tahap pertama kemarin memang cukup tinggi. Ribuan sasaran tersebut merupakan bayi dan anak-anak di bawah usia delapan tahun. Imunisasi sudah dijadwal di wilayah masing-masing. Seperti yang terlihat di wilayah Kelurahan Klegen yang melaksanakan imunisasi di Lapak UMKM Bumi Semendung. Selain itu, imunisasi juga dilaksanakan di sekolah-sekolah.

‘’PIN polio pekan pertama kemarin memang dijadwalkan 15-21 Januari. Tetapi setelah itu kami lakukan pendataan lagi untuk sasaran yang belum diberikan imunisasi karena sakit atau sebagainya. Mereka kita jadwalkan untuk mengikuti imunisasi susulan. Alhamdulillah, capaian kita bisa meningkat lagi,’’ jelasnya.

Denik berharap peran serta masyarakat untuk mensukseskan PIN polio tersebut. Imunisasi, lanjutnya, penting dilakukan. Polio merupakan penyakit menular yang menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motoric. Tak ayal penderita bisa mengalami kelumpuhan anggota gerak.

‘’Itulah mengapa pencegahan polio perlu dilakukan sejak dini melalui pemberian vaksin,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)