Sampai Kapan Sih Musim Hujan di Tahun Ini?




MADIUN - Hingga saat ini, musim hujan masih menyebar di sebagian besar wilayah di Indonesia. Musim hujan periode 2023/2024 sendiri datang terlambat imbas fenomena iklim pengering hujan El Nino. Maka, tak heran sebagian besar wilayah diprediksi mengalami durasi musim hujan yang lebih pendek dari biasanya.

Biasanya, musim hujan sudah mulai terjadi pada November. Kali ini, beberapa wilayah baru memasuki musim hujan pada Desember.
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, puncak musim hujan di Indonesia di sebagian besar wilayah diperkirakan akan terjadi pada awal 2024.

"Puncak musim hujan 2023/2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada Januari dan Februari 2024, yakni sebanyak 385 ZOM (55,08 persen)," ujarnya dalam rilis resmi.

Sedangkan wilayah lainnya, kata Dwikorita, diperkirakan mundur dari waktu normalnya, yaitu sebanyak 203 ZOM (29,04 persen) dan maju terhadap normal yaitu sebanyak 145 ZOM (20,74 persen). Zona Musim (ZOM) adalah daerah atau wilayah yang dibedakan berdasarkan pola klimatologi curah hujan atau rata-rata 30 tahun dan setidaknya memiliki satu musim.

Dalam hal ini bisa menyebabkan musim hujan sepanjang tahun atau sebaliknya musim kemarau sepanjang tahun. Dwikorita mengatakan, durasi musim hujan 2023/2024 di sebagian besar wilayah diprakirakan terjadi selama 10-24 dasarian yaitu sebanyak 430 ZOM (61,52 persen). Dasarian adalah satuan waktu meteorologi, yang lamanya adalah sepuluh hari.

"Bila dibandingkan terhadap normal durasi musim hujan, durasi musim hujan 2023/2024 di sebagian besar daerah Indonesia diprakirakan lebih pendek terhadap normal yaitu sebanyak 439 ZOM (62,80 persen)," terangnya.

Selain itu dirinya meminta warga untuk mewaspadai kemungkinan terjadi cuaca ekstrem pada  masa peralihan musim hujan ke musim kemarau. “Cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan mulai hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)