Beri Arahan Pembinaan Pegawai Dukcapil, Wali Kota: Layanan Sudah Baik, Harus Ditingkatkan




KARANGANYAR – Urusan administrasi kependudukan bukan perkara sepele. Karenanya, pelayanan administrasi kependudukan juga kudu baik. Di Kota Madiun, pembinaan pegawai pun rutin digelar. Terbaru, pembinaan Pegawai untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun itu berlangsung di River Hill Tawangmangu, Karanganyar, Jumat (1/3). Wali Kota Madiun, Dr. Maidi juga hadir untuk memberikan pengarahan dalam pembinaan tersebut.

‘’Pelayanan Dukcapil itu harus prima karena pelayanannya tak mengenal waktu. Kalau ada yang membutuhkan jam berapapun dilayani,’’ kata wali kota.

Wali Kota Maidi menyebut peristiwa kependudukan bisa kapan saja terjadi. Tak heran, data kependudukan juga dinamis. Artinya, terus mengalami perubahan. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu mencontohkan peristiwa kematian yang bisa saja terjadi pada malam hari atau di hari libur kerja. Layanan administrasi kependudukan tak akan prima jika pelayanan hanya di jam kerja. Karenanya, wali kota mengapresiasi kinerja Dukcapil Kota Madiun yang sudah cukup baik selama ini.

‘’Di Dukcapil Kota Madiun ada layanan anti prei, jam berapapun dilayani, hari liburpun tetap buka. Ini hebat ya. Harus dipertahankan dan ditingkatkan,’’ imbuhnya.

Pelayanan yang sudah baik, lanjut wali kota, wajib dipertahankan dan ditingkatkan. Wali kota mengaku tidak pernah mendengar keluhan yang macam-macam dari masyarakat terkait pelayanan Dukcapil. Kalaupun ada satu-dua yang itu berangkat bukan dari petugas pelayanan. Tetapi dari si pemohon itu sendiri. Salah satunya, karena kekurangan syarat administrasi yang dibawa.

‘’Selama ini tidak ada keluhan. Kalau ada satu dua itu wajar dan bukan karena pelayanan yang tidak bagus. Tetapi karena kurang syarat dan lainnya,’’ pungkasnya sembari menyebut untuk selalu mengedepankan senyum, sapa, salam. (rams/agi/diskominfo)