1.351 Imam Masjid, Marbot, dan Tokoh Agama Dapat Bansos dari Pemkot Madiun, Mulai Rp 500 Ribu Sampai Rp 1 Juta




MADIUN – Imam masjid, marbot, dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kehidupan di masyarakat. Karenanya, keberadaan mereka patut diberikan apresiasi. Pemerintah Kota Madiun setidaknya, memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 1.351 imam masjid, marbot, dan tokoh agama di Kota Madiun. Penyaluran bansos tersebut dimulai, Senin (1/4).

‘’Penerima tahun ini masih sama dengan tahun kemarin. Yakni, ada sebanyak 1.351,’’ kata Kepala Bakesbangpol Kota Madiun Tjatoer Wahjoedianto.

Penyaluran akan dilakukan bertahap dengan tempat menyesuaikan. Penyaluran awal memang berlangsung di GCIO Kota Madiun. Namun, saat GCIO dipakai kegiatan akan dialihkan ke lokasi lain. Tjatoer menyebut besaran bansos yang diterima masing-masing juga berbeda. Untuk Imam Masjid diberikan bantuan sebesar Rp 1 juta. Sementara, marbot masjid Rp 600 ribu, sedang tokoh agama diberikan bantuan sebesar Rp 500 ribu. Untuk tokoh agama Bukan hanya dari Agama Islam, tetapi juga agama yang lain.

‘’Ini seperti bantuan tempat ibadah. Tidak hanya untuk masjid dan musala. Tetapi juga gereja dan tempat ibadah lainnya,’’ imbuhnya.

Pemerintah Kota Madiun rutin memberikan perhatian akan tempat ibadah. Pun, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk perbaikan tempat ibadah setiap tahunnya. Pada 2023 lalu setidaknya ada 98 tempat ibadah yang mendapatkan bantuan tersebut. Rinciannya, 82 masjid atau musala dan 16 gereja yang telah diberikan bantuan tersebut.

‘’Anggaran ini dulunya ada di bagian perekonomian dan kesejahteraan rakyat, mulai tahun ini ada di kami. Prinsipnya sama, kita meneruskan yang sudah berjalan,’’ ujarnya. (dspp/agi/madiuntoday)