Jelang Lebaran Stok Beras Bulog Capai 4 Ribu Ton, Cukup Untuk Tiga Bulan ke Depan




MADIUN – Stok beras di Kota Madiun jelang lebaran tahun ini dipastikan aman. Bagaimana tidak, stok beras di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Cabang Madiun mencapai empat ribu ton. Jumlah itu cukup untuk kebutuhan masyarakat Kota Madiun hingga tiga bulan ke depan.

‘’Per hari ini di Bulog Madiun tersimpat sekitar empat ribu ton. Ini cukup hingga tiga bulan ke depan. Artinya, untuk lebaran stok beras lebih daripada cukup,’’ kata Pemimpin Cabang Perum Bulog Madiun Rizal P Sukmadijaya disela pangan murah serentak di halaman Stadion Wilis, Senin (1/4).

Karenanya, Rizal berharap masyarakat tidak perlu khawatir. Apalagi, panic buying. Masyarakat, lanjutnya, tidak perlu membeli beras dalam jumlah besar untuk disimpan sebagai cadangan. Dia memastikan hal itu tidak perlu. Sebab, beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) alias beras murah ada dan mudah didapatkan. Pasalnya, Bulog sudah bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk melaksanakan operasi pasar.

Rizal mengaku untuk pendistribusian beras dan komoditas lainnya sudah terjadwal mengikuti permintaan pemda. Namun, di luar jadwal pun pihaknya siap melayani. Misalnya jika dibutuhkan operasi pasar dadakan dan lain sebagainya. Apalagi, untuk penyaluran bantuan pangan program Badan Pangan Nasional (Bapanas) juga telah rampung dilaksanakan.

‘’Beras SPHP maupun premium semuanya ada. Kita sudah bekerja sama dengan pemkot dan pemkab. Silahkan mengikuti sesuai dengan jadwal masing-masing daerah,’’ jelasnya.

Rizal juga memastikan untuk sejumlah komoditas lain juga dalam kondisi cukup. Selain beras, pihaknya juga ada minyak goreng, tepung terigu, dan gula. Stok migor dikisaran 32 kiloliter, gula berkisar delapan ton, dan beras premium sekitar 25 ton.

‘’Prinsipnya kita siap. Kapanpun dibutuhkan ada. Seperti yang disampaikan bapak wali kota, masyarakat tidak perlu khawatir apalagi sampai panic buying,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)