DKPP Kota Madiun Fasilitasi Produk Halal UMKM




MADIUN - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Madiun untuk mendapatkan sertifikasi halal produknya secara gratis.

Kepala DKPP Kota Madiun, Totok Sugiarto mengatakan ini merupakan tahun kedua pihaknya menggelar fasilitasi sertifikasi halal untuk produk UMKM. Pada tahun 2023, ada sebanyak 52 produk UMKM yang tersertifikasi.

“Tahun ini target kami tentu bisa menjaring lebih banyak. Kita alokasikan untuk UMKM khususnya yang berbahan olahan dari hewan kita alokasi 50 yang umkm penyembelihan alokasi 10,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dibutuhkan komitmen yang kuat kepada tiap UMKM untuk mengikuti tiap tahapan dalam sertifikasi ini. Pasalnya prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama.

“Sesuai timeline, sosialisasi dimulai dari bulan Mei sampai Juni. Setelah itu sertifikat baru keluar kemungkinan di bulan November,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya fasilitasi ini jadi langkah untuk menyongsong kewajiban halal yang ditetapkan pada Oktober 2024 mendatang. Bagi UMKM yang berminat untuk mendaftar, bisa mendaftar di http://bit.ly/MadiunHalal2024 atau menghubungi narahubung di nomor 081324313891
(Dspp/kus/madiuntoday)