Salut dengan Kota Madiun, Google for Education Sanggup Dampingi Pelatihan Digitalisasi Pembelajaran di Kota Pendekar




JAKARTA – Pelatihan digitalisasi pembelajaran untuk tenaga pendidik di Kota Pendekar tampaknya akan semakin masif digelar. Pasalnya, kesepakatan dengan Google for Education pun mengemuka. Kesepakatan itu terjalin setelah kegiatan Google for Education Leader Series Indonesia 2023 di Park Hyatt Jakarta, Rabu (24/5). 


Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati menyebut pihaknya sengaja berdiskusi dengan Government and Academic Engagement Lead for Australia, New Zealand, and Southeast Asia Google for Education, Mr. Chris Harte usai gelaran. Diskusi tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan. Salah satunya, terkait pendampingan untuk digitalisasi pembelajaran di Kota Madiun ke depan. Menariknya, diskusi tambahan tersebut hanya terjalin dengan Kota Madiun.


‘’Kota kita dinilai serius dalam transformasi digitalisasi pembelajaran ini. Salah satunya, karena kita punya program chrome book 9.400 unit itu. Nah, ini tadi kita diskusi dengan Mr. Chris terkait bagaimana pengoptimalan digitalisasi ini ke depan,’’ katanya. 


Pihak Google, lanjut Lismawati, siap memberikan pendampingan. Salah satu bentuknya melalui pelatihan-pelatihan. Artinya, akan sering mengemuka pelatihan dari pihak Google for Education di Kota Madiun ke depan. Khususnya kepada tenaga pendidik. Google juga ingin turut meningkatkan SDM guru di Kota Madiun. 


‘’Jadi mereka sanggup untuk mendampingi melalui pelatihan di Kota Madiun. Jadi mereka yang datang. Tentu ini baik untuk peningkatan SDM untuk percepatan digitalisasi pembelajaran tersebut,’’ imbuhnya. 


Lismawati menyebut Pemerintah Kota Madiun memang serius dalam percepatan transformasi pembelajaran digital tersebut. Bahkan, dari sekolah negeri di tanah air, baru Kota Madiun yang mengambil langkah dengan fasilitasi chrome book tersebut. Lismawati menambahkan pihaknya juga akan meninjau sejumlah sekolah swasta yang juga sudah menggunakan chrome book untuk pembelajaran. (rams/agi/madiuntoday)