Ada Pasar Jadoel di Lapak Ronggo Kuning Ngegong, Sajikan Berbagai Kuliner Hingga Permainan Tempoe Dulu




MADIUN - Lapak UMKM yang ada di Kota Madiun harus ramai dan menarik. Maka dari itu, untuk menggaet minat masyarakat datang berkunjung, paguyuban Lapak Ronggo Kuning menggelar Pasar Jadoel Ngegong.

Pasar tersebut menghadirkan nuansa tempoe dulu. Di sana banyak menawarkan suasana berbelanja yang kental dengan adat tradisional Jawa.
Berbagai kuliner jaman dulu yang sekarang hampir susah untuk ditemui tersaji. Mulai dari gethuk, tiwul, nagasari, utri, sawit es gabus dan lainnya. Pasar Jadoel Ngengong sendiri rencananya akan digelar satu bulan sekali tiap minggu di akhir bulan.

“Tujuan dari kegiatan adalah sebagai terobosan dari paguyuban lapak untuk peningkatan ekonomi pelapak itu sendiri,” terang Lurah Ngegong, Ika Kusumaningtyas.

Selain peningkatan ekonomi, tujuan lainnya juga untuk memperkenalkan budaya-budaya tempo dulu bagi generasi muda, khusunya anak-anak terkait dengan permainan, makanan tempo dulu. Juga menyediakan area bermain anak dengan alat permainan tradisional, pojok baca, area membatik.

“Harapannya tentu juga memberikan hiburan kepada masyarakat dan untuk hidup sehat bugar. Karena ada senam bersama di kegiatan tersebut,” pungkasnya.
(dspp/kus/madiuntoday)