Ada Dua Pahlawan di TMP, PMI Kota Madiun Gelar Ziarah dan Tabur Bunga Peringati HUT PMI




MADIUN – Rangkaian peringatan HUT ke-79 Palang Merah Indonesia (PMI) terus berlanjut di Kota Madiun. Setelah Temu Bakti Remaja beberapa waktu lalu di Ngrowo Bening Edupark, kegiatan berlanjut ke Taman Makam Pahlawan (TMP) untuk ziarah makam dan tabur bunga, Jumat (13/9). Hal itu dilakukan mengingat terdapat pahlawan dari PMI yang dimakamkan di TMP Kota Madiun.

‘’Ada dua pahlawan PMI di sini. Hari ini kita beri penghormatan dan mendoakan melalui ziarah dan tabur bunga,’’ kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Anggota dan Relawan PMI Kota Madiun, Heri Suwartono.

Dua pahlawan tersebut yakni, R. R Sri Moewarni yang gugur pada 6 Maret 1945 dan Hadi Soetrisno yang tanggal gugurnya tak diketahui. Keduanya diketahui sebagai pahlawan PMI. Heri Suwartono menyebut keduanya diyakini gugur dalam perang Kemerdekaan dan bertugas sebagai PMI.

‘’Yang jelas beliau-beliau ini gugur sebagai PMI,’’ ungkapnya.

Kegiatan ziarah makam tersebut bukan penutup. Setidaknya masih ada satu kegiatan peringatan lagi. Yakni, upacara bendera. Rencananya, akan dipimpin Pj Wali Kota Eddy Supriyanto. Kegiatan yang berlokasi di halaman depan Balai Kota Madiun tersebut dijadwalkan pada Selasa 17 September mendatang. Sementara untuk HUT PMI diperingati setiap 3 September.

‘’Prinsipnya kami mendoakan dan meneladani sikap dan sifat para Pahlawan yang rela gugur demi menjalankan tugas kemanusiaannya di PMI,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)