Mengenal Juleha, Juru Sembelih Halal yang Punya Peran Penting Tingkatkan UMKM Sehat dan Halal




MADIUN - Siapa yang belum tahu tentang Juleha (juru sembelih halal) yang ternyata juga memiliki peran terhadap peningkatan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya makanan berbahan baku daging.

Ketua DPW Juleha Provinsi Jawa Timur, Imam Fauzi mengatakan, keberadaan Juleha sangat dibutuhkan. Pasalnya, mereka berperan untuk mensosialisasikan halalnya penyembelihan di Indonesia.

“Berdasarkan penelitian, 80 persen penyembelihan unggas belum diketahui halal tidaknya. UMKM juga banyak yang belum tersosialisasikan,” jelasnya seusai pelantikan DPW Juleha, Kota Madiun di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Minggu (4/3).

Maka, lanjutnya, dengan adanya Juleha di Kota Madiun harapannya kehalalan ini semakin tersosialisasikan. Lebih lanjut dirinya mengatakan ada sebanyak 37 Juleha yang dilantik. Mereka merupakan praktisi tukang potong hewan dan takmir masjid.

“Apalagi ada isu yang mengatakan per 17 Oktober 2024 semua lini UMKM ataupun pemotongan hewan harus halal. Jadi ini momentum untuk berbenah,” ungkapnya.

Juleha yang sudah dilantik, lanjutnya, sudah tersertifikasi dan mendapatkan pelatihan khusus tentang penyembelihan sesuai syariat. “Semoga dari pelantikan ini bisa lahir generasi penerus yang bisa ikut mensosialisasikan pemotongan secara syariat,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)