Mobil Kas Keliling BI Hadir Di Kota Madiun, Warga Antusias Tukarkan Uang Baru




MADIUN – Peluncuran Uang Kertas Baru Emisi 2022 oleh Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan rupanya mengundang rasa penasaran masyarakat. Tak terkecuali, warga Kota Madiun. Untuk itulah, sebagian warga rela mengantre menukarkan uang kertas lama dengan yang baru saat mobil kas keliling BI hadir di Kota Pendekar, Rabu (24/8). Tepatnya, di depan Pasar Besar Madiun (PBM).


Salah satunya seperti diungkapkan oleh Sirajudin. Warga Kota Madiun itu mengaku mendapatkan info penukaran dari satu konten di TikTok. ‘’Penasaran bentuknya seperti apa,’’ ujarnya saat diwawancarai setelah menukarkan uang.


Sirajudin mengambil dua paket penukaran uang dengan nominal masing-masing Rp 200 ribu. Dari penukaran itu, dia mendapatkan pecahan uang kertas baru dari Rp 1.000 – Rp 100 ribu. Menurutnya, uang kertas baru memiliki ciri yang lebih khas dan kentara dibandingkan uang kertas terbitan sebelumnya.


Karena masih baru, Sirajudin mengaku tidak akan membelanjakannya dalam waktu dekat. ‘’Mau buat konten (TikTok) dulu,’’ ungkapnya.


Hal serupa juga disampaikan oleh Anisa Kusuma. Dirinya mengaku tertarik menukarkan uang karena penasaran dengan model uang kertas baru. ‘’Rencananya mau buat koleksi saja,’’ tuturnya.


Sama halnya dengan Sirajudin, Anisa mengaku tidak akan membelanjakan uang tersebut dalam waktu dekat dengan alasan masih langka. ‘’Nanti saja kalau sudah ramai,’’ imbuhnya.


Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri Clemen Tratmono Wibowo mengatakan bahwa proses penukaran uang baru dapat dilakukan segera setelah perilisan. Bahkan, sejumlah perbankan sudah melakukan pengajuan penarikan uang kertas baru.


‘’Prinsipnya, uang kertas lama masih berlaku. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir,’’ jelasnya.


Lebih lanjut Clemen menjelaskan bahwa uang kertas baru memiliki ciri yang lebih jelas dari uang kertas sebelumnya. Juga, menggunakan kertas dengan jenis yang lebih tahan lama. Selain itu, ada perbedaan lima milimeter di setiap pecahan untuk memudahkan membedakan nominal masing-masing uang kertas.


‘’Untuk jadwal penukaran bisa dicek melalui website resmi kami,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)