Raih Penghargaan Fajar Challenge 1.0 Jawa Timur, Video Forum Anak Kota Madiun Sabet Kategori Terinspiratif




MADIUN – Forum Anak Kota Madiun cukup moncer di tingkat provinsi. Setidaknya, video kreasi Forum Anak Kota Madiun berhasil meraih penghargaan Fajar Challenge 1.0 yang digelar Forum Anak Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu. Video buatan Viola Putri Madinah dkk berhasil meraih kategori video terinspiratif dalam ajang tersebut. Dia pun mendapat penghargaan yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersamaan perayaan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur 12 Oktober kemarin.


‘’Lomba ini ada setiap tahun dengan tema berbeda-beda. Kebetulan tahun ini temanya tentang potensi daerah,’’ kata Viola, Senin (17/10).

  https://youtube.com/shorts/EmZIUknJFag

Video berjudul aku dan daerahku tersebut memang cukup menarik. Baik secara sajian maupun pesan yang disampaikan. Viola menyajikan sejumlah potensi Kota Madiun, mulai nasi pecel, batik, Pahlawan Street Center, dan juga pencak silat. Keempatnya memang bisa dibilang potensi unggulan Kota Pendekar. Video berdurasi pendek itu juga menyajikan pesan untuk selalu menjaga kearifan lokal agar tak lekang digerus zaman. 


‘’Potensi tersebut bisa menjadi aset berharga. Tetapi kalau tidak dijaga akan hilang digerus zaman. Nah, kita ingin potensi-potensi itu terus ada sebagai warisan untuk generasi berikutnya,’’ jelas pelajar kelas XII SMAN 2 Kota Madiun itu.


Viola menyebut lomba Fajat Challenge sejatinya sudah sejak Juli lalu. Pun, video tersebut diupload pada 12 Juli. Namun, penghargaannya baru diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Viola berharap penghargaan menjadi pelecut semangat Forum Anak Kota Madiun untuk terus berkarya. Khususnya, bagi adik-adik penerusnya di Forum Anak Kota Madiun. 


‘’Forum Anak bukan hanya tempat mengkampanyekan hak-hak anak. Tetapi juga ajang kita untuk berkreasi,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)