Tak Ingin Kecolongan, BPBD Kota Madiun Lakukan Perawatan EWS Secara Berkala




MADIUN - Bentuk kewaspadaan terhadap bencana dilakukan oleh BPBD Kota Madiun. Hal itu diwujudkan dengan pengecekan dan perawatan early warning system (EWS) yang berada di Jembatan bok malang, Pilangbango. 


Pengecekan dan perawatan secara berkala dilakukan sebagai langkah antisipai peralihan musim dan bentuk kewaspadaan dini terhadap banjir. 


“Kebetulan ini peralihan musim, kita mengantisipasi banjir dengan melakukan perawatan secara berkala,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun, Jariyanto, Selasa (25/10). 


Sedikitnya pihaknya melakukan perawatan di tiga titik pantau pada hari ini. Yakni EWS yang berada di Madiun bagian utara, yakni kawasan Pilangbango, Kelun, dan Rejomulyo.


“Meskipun saat ini Kota Madiun cukup aman, namun kita harus tetap waspada. Makannya kita lakukan perawatan agar EWS dapat berfungsi optimal,” ucapnya. 


EWS, lanjutnya merupakan sebuah alat yang akan memberikan sinyal atau sirine saat debit air naik ke permukaan. Maka, saat masyarakat sekitar mendengar sirine dari EWS diharap untuk segera melapor. 


“Bisa langsung hubungi BPBD atau telfon 112,” tutupnya.

(Dspp/kus/madiuntoday)