Ada Parade Seribu Rebana Besok Pagi, Jalan Pahlawan Diberlakukan Rekayasa Lalin Mulai Sore Ini




MADIUN – Giat Sholawat Seribu Rebana yang diprediksi bakal berlangsung seru. Setidaknya, kegiatan melibatkan belasan ribu pengunjung mulai dari pelajar hingga masyarakat. Karenanya Pemerintah Kota Madiun melalui dinas terkait melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Pahlawan sebagai lokasi kegiatan. 


‘’Hasil rapat koordinasi kemarin, Jalan Pahlawan ditutup dimulai sejak pemasangan panggung sampai usai kegiatan,’’ kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Madiun Hery Setiawan Marhaendra Putra, Rabu (26/10).


Hery menambahkan pemasangan panggung di Jalan Pahlawan masih menunggu informasi dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga sebagai leading sektor kegiatan tersebut. Informasi awal, pemasangan dimulai pukul 18.00. Pihaknya mengaku penutupan saat pemasangan panggung bisa menyesuaikan kondisi lapangan. 


‘’Kalau dirasa masih ada celah yang bisa dilewati, mungkin bisa kita kondisikan untuk buka separuh jalan. Tetapi untuk pada saat acara besok, kita tutup penuh,’’ jelasnya. 


Penutupan, lanjutnya, di mulai pada titik patung pecel. Pengendara bisa melewati Jalan Ahmad Yani. Baik yang dari Jalan Jawa maupun dari Jalan Pahlawan sebelum patung pecel. Selain itu, penutupan juga diberlakukan pada sejumlah jalan sekitar Jalan Pahlawan. Yakni, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Kalimantan, Jalan Merapi, Jalan Sulawesi, dan Jalan Semeru. Penutupan dilakukan lantaran jalan-jalan tersebut digunakan untuk kantong parkir. 


‘’Jalan yang digunakan sebagai kantong parkir ditutup kecuali untuk peserta dan undangan,’’ terangnya. 


Penutupan diberlakukan sampai kegiatan selesai. Yakni sekitar pukul 10.00 sampai 11.00, Kamis (26/10). Hery menambahkan masyarakat diimbau lebih berhati-hati atau tidak memilih jalur disekitar Jalan Pahlawan untuk menghindari kemacetan.


‘’Prinsipnya Dishub siap untuk mengamankan jalur dan juga kantong parkir kegiatan besok,’’ pungkasnya. (vincent/agi/madiuntoday)