Pembangunan Trotoar Mayjend Sungkono Berlanjut, Dituntaskan Sampai Pos Polisi Bantaran




MADIUN – Pembangunan trotoar di Jalan Mayjend Sungkono berlanjut. Pembangunan bakal diselesaikan hingga ke simpang empat dengan Jalan Kolonel Marhadi dan A Yani. Pembangunan trotoar sekaligus saluran tersebut memang meneruskan proyek awal dari titik selatan. Artinya, pembangunan trotoar di Jalan Mayjend Sungkono sisi timur akan rampung tahun ini.


‘’Waktu APBD murni kemarin hanya sampai di jembatan Pasar Pancasila itu. Nah, di APBD perubahan ini kita lanjutkan sampai di simpang empat pos polisi,’’ kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PUTR Kota Madiun Suyanto, Senin (7/11).


Pembangunan trotoar memang sekaligus pembenahan saluran dibawahnya. Progres pembangunan kini sudah 40 persen. Panjangnya sekitar 50 meter. Namun, kalau ditotal dengan pembangunan awal panjangnya mencapai 900 meter. Yakni, dari garasi Mobil Damkar samping SPBU hingga simpang empat pos polisi lalu lintas 901 bantaran tersebut. Namun, Suyanto menambahkan pembangunan trotoar sementara hanya di sisi timur jalan. 


‘’Untuk tahun ini kita menyelesaikan yang sisi timur. Kalau yang sisi barat belum tahu,’’ ungkapnya.


Pembangunan trotoar di Kota Madiun memang sekaligus sebagai penanganan banjir. Gorong-gorong di bawah trotoar dilebarkan untuk memperlancar jalan air. Air di titik itu nantinya akan dibuang ke sungai dekat Pasar Pancasila untuk kemudian menuju Kali Bantaran. Sedang, untuk trotoarnya akan sama dengan titik sebelumnya di sisi seletan. 


‘’Kita buat sama. Jadi biar seragam. Termasuk lantai lampu dan juga kursi tempat duduknya,’’ imbuhnya. 


Suyanto menambahkan pekerjaan saluran juga tengah berlangsung di sejumlah titik. Setidaknya, ada 22 titik pekerjaan saat ini. Termasuk juga saluran lingkungan. Progres pekerjaan rata-rata mencapai 40 persen. (rams/agi/madiuntoday)