Inovasi Literasi TIK KIM Pandan Arum Raih Penghargaan Dunia, Begini Sejumlah Kegiatannya




MADIUN – Inovasi Kampung Penggerak Literasi TIK (Kartika) KIM Pandan Arum Kelurahan Pangongangan masuk top 5 Champion Project WSIS Prizes 2023. Inovasi yang memberikan pengetahuan terkait secara gratis itu sejatinya sudah berlangsung sejak tiga tahun silam. Pun, masih aktif sampai saat ini. Salah satunya terlihat saat giat literasi di Lapak Balikul kelurahan setempat beberapa waktu lalu. Giat tersebut sengaja menyasar remaja agar aman, sehat, dan baik ber-TIK. 

‘’Ini hanya salah satu contoh kegiatannya. Kegiatan ini kita lakukan secara kontinyu dengan tema dan sasaran yang berbeda-beda,’’ kata Ketua KIM Pandan Arum, Muhammad Yulian Firdaus, Jumat (10/3). 

Dalam melakukan kegiatan tersebut pihaknya juga menggandeng relawan TIK (R-TIK) Kota Madiun. Hal itu sengaja agar kegiatan literasi semakin optimal. Apalagi, tema literasi TIK seolah memang tiada habisnya. Sebab, selalu mengikuti perkembangan. Seperti dalam hal aksi-aksi kejahatan yang melibatkan dunia digital. Ferry berharap mereka yang masih remaja itu cukup melek IT agar bisa melindungi dirinya dari segala macam bentuk penipuan. Kegiatan semakin mengena lantaran menyasar anak-anak yatim piatu dari panti asuhan setempat.

‘’Prinsipnya kita bergerak untuk sosial. Sasaran kita mulai anak sekolah sampai pelaku UMKM,’’ ungkapnya. 

Kepada pelaku UMKM pihaknya pernag memberikan pelatihan terkait pelatihan membuat landing page untuk UMKM dengan my.id, pelatihan pembuatan branding yang menarik, hingga pelatihan marketplace. Ferry menyebut sudah saat pelaku UMKM Kota Madiun juga dapat mengikuti perkembangan. Khususnya di dunia digital.  

‘’Prinsipnya kami ingin berkontribusi kepada masyarakat terkait literasi digital tersebut. Kalau kemudian mendapatkan penghargaan ya itu bonus untuk kami,’’ ujarnya. 

Seperti diberitakan inovasi Kartika dari KIM Pandan Arum masuk lima besar penghargaan World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2023. WSIS merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar International Telecommunication Union (ITU), salah satu badan khusus Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Inovasi itu berhasil masuk Top 5 Champion Project kategori Enabling Environment. Rencananya, penghargaan akan diterima Wali Kota Madiun, Maidi di Jenewa-Swiss pada 14 Maret mendatang. (rams/agi/madiuntoday)