Pastikan Penyebab Kebakaran Di Kanigoro, Polisi Gelar Identifikasi Di Lokasi Kejadian




MADIUN – Peristiwa kebakaran menghanguskan satu rumah warga di Jalan Ki Ageng Selo Gang Pingi 2, Kelurahan Kanigoro, pada Kamis (16/3). Untuk memastikan penyebab kebakaran, petugas dari Polsek Kartoharjo pun mendatangi lokasi kejadian dan melakukan identifikasi.

Jumat (17/3), proses identifikasi berlangsung mulai pagi. Tak butuh waktu lama bagi petugas untuk mengetahui penyebab berkobarnya si jago merah.

‘’Indikasi awal sumber api berawal dari konsleting listrik. Karena dari titik awal api terlihat jenis travonya sudah lama,’’ ujar Kapolsek Kartoharjo AKP Agung Darmawan saat dikonfirmasi awak media.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan bahwa kWh meter di rumah korban kebakaran itu sejatinya sudah menggunakan model terbaru. Namun, di belakangnya masih ada sekring lama yang terpasang dan diberi penguat berupa kawat berserabut seukuran rambut. ‘’Itu yang menyebabkan konsleting listrik,’’ ungkapnya.

Karena itu, Agung berharap kasus seperti ini bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat lainnya untuk tidak bermain-main dengan aliran listrik. Serta, tidak berusaha mengakali daya listrik yang dapat mengakibatkan kerugian fatal.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan Dan Logistik BPBD Kota Madiun Sumanto menuturkan bahwa kegiatan pembersihan puing-puing kebakaran dilakukan setelah proses identifikasi dari kepolisian selesai. ‘’Barang-barang yang masih bisa diselamatkan kami kumpulkan,’’ tuturnya.

Kegiatan pembersihan dilaksanakan oleh 60 orang yang berasal dari BPBD, relawan pemadam kebakaran, PMI, Tagana, Pramuka, Dinas Perkim, kelurahan, dan masyarakat sekitar. BPBD juga memberikan santunan kepada korban kebakaran. ‘’Bantuan sifatnya simultan. Harapannya, bisa membantu korban,’’ tandasnya. (irs/madiuntoday)