Banyak Temukan Inovasi, Tim Penilai Siap Promotori Wali Kota Maidi Raih Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI




MADIUN – Wali Kota Madiun, Maidi berkesempatan mendapatkan Satyalencana Wira Karya oleh Presiden RI Joko Widodo tahun ini. Bagaimana tidak, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut telah memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan. Selain itu, wali kota juga memiliki banyak inovasi yang bermanfaat besar bagi masyarakat.

Bahkan, ada sejumlah inovasi yang baru mengemuka setelah dilakukan peninjauan lapang oleh Tim Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Rabu (14/6). Tak heran, tim siap mempromotori Wali Kota Maidi agar bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

‘’Kami kan tujuannya mencari dan mendapatkan data yang akurat di lapangan, apakah seperti yang diusulkan. Dan kami melihat sudah sesuai malah ada fakta-fakta baru yang belum terungkap,’’ kata Ketua Tim Setmilpres, Elisa Cintia Dewi.

Salah satunya, terkait sekolah siaga kependudukan. Sekolah tersebut ditemui Elisa saat peninjauan di titik Kampung KB Kelurahan Klegen. Nah, inovasi tersebut diakuinya belum muncul dalam pengajuan. Tak heran, Elisa mengaku banyak inovasi luar biasa di Kota Madiun dari kepemimpinan Wali Kota Maidi. Tak hanya banyak, inovasi yang mengemuka pun juga berkualitas.

‘’Saya jadi speechless ya. Inovasi dari bapak wali kota bukan hanya kuantitas tapi juga kualitas. Sudah luar biasa, visioner dan kami harap berkelanjutan,’’ terangnya.

Karenanya, Elisa mengaku siap mempromotori Wali Kota Maidi untuk mendapatkan penghargaan Satyalencana Wira Karya tersebut. Hasil dari peninjauan akan dilaporkan kepada Dewan Gelar Tanda Jasa Kehormatan (GTK) dan Presiden. Elisa optimis Wali Kota Maidi bisa mendapatkan penghargaan tersebut melihat kondisi di lapangan. Apalagi, semua persyaratan juga telah dipenuhi. Salah satunya, sudah pernah mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan MKK tersebut didapat Wali Kota Maidi Juni 2021 silam.

‘’Data yang kami himpun akan kami laporkan kepada anggota dewan (GTK). Jadi penghargaan ini sebelumnya diusulkan oleh BKKBN, dipromotori BKKBN dan kami akan mempromotori pak wali kota untuk istilahnya kalau bisa mendapatkan Satyalencana Wira Karya dari Presiden,’’ pungkasnya.

Penghargaan Satyalencana Wira Karya merupakan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain. dr Muhammad Nur merupakan orang pertama di Kota Madiun yang mendapatkan penghargaan itu pada 2022 lalu. Nah, Wali Kota Maidi berkesempatan mendapatkan penghargaan serupa tahun ini. (dspp/agi/madiuntoday)