Keren! Tiga Remaja di Kota Madiun Ini Isi Waktu Luang dengan Bersihkan Sampah di Taman Lalu Lintas Bantaran




MADIUN - Siapa sangka baterai handphone yang habis bisa membuat tiga remaja asal Kota Madiun ini lebih produktif. Mereka adalah Amalia Ramadhani, Nayla Ivana Callista, dan Christya Ananta. Ketiganya mengisi waktu luang dengan membersihkan sampah di sekitar Taman Lalu Lintas Bantaran.

“Sebenarnya ini ide spontan. Saya pernah cerita kalau pernah bersihkan sampah di Lapangan Gulun, lalu temen saya pengen ikut. Suatu ketika pas kita lagi nongkrong baterai hp kita bertiga habis, kepikiran buat merealisasikan ide bersih-bersih,” kenang Amalia Ramadhani.

Akhirnya, lanjut Amalia, mereka keliling kota hingga sampailah di Taman Lalu Lintas Bantaran. Saat melintas di kawasan selatan taman tersebut, terlihat kondisi pinggiran kali yang cukup kotor. Lalu mereka bertiga memberanikan diri meminjam sapu kepada pedagang sekitar untuk membersihkan area tersebut.

“Kemarin bersihin dari jam 14.43 sampai 16.23. Karena spontan ya kita tidak ada persiapan, akhirnya ke warung pinjem sapu dan beli kresek untuk ambil sampah,” akunya.

Selama membersihkan sampah kurang lebih dua jam, yang paling banyak ditemukan adalah sampah kemasan makanan siap saji dari merk yang terbilang tidak murah. “Cukup gemas ya, mereka bisa beli makanan yang tidak murah tapi ga bisa buang sampah pada tempatnya,” ucapnya.

Amalian dan kedua temannya berharap kegiatan isi waktu luang dengan bersih-bersih ini bisa terus berlanjut. Paling tidak satu hari dalam seminggu bisa terjun membersihkan lokasi-lokasi yang disinyalir cukup kotor dan belum terjamah.

“Pesannya karena ini dibuka untuk umum kita juga menikmati fasilitasnya, juga harus ikut menjaga fasilitas yang sudah diberikan. Harusnya punya kesadaran masing-masing untuk buang sampah pada tempatnya,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)