Asah Keterampilan Motorik dan Tingkatkan Literasi Siswa PAUD, Dindik Kota Madiun Gelar Serangkaian Lomba




MADIUN - Halaman Dinas Pendidikan Kota Madiun nampak ramai. Terdengar riuh suara sorak sorai supporter untuk menyemangati anak-anak yang tengah berjibaku dengan papan kotak.

Anak-anak PAUD itu tengah mengikuti lomba penyeberangan kolam buaya. Dimana mereka harus melewati garis tanpa keluar dari kotak.

Sementara itu, di lantai atas, terlihat anak-anak menggunakan kostum berbagai macam profesi. Mulai dari dokter, tentara, hingga wali kota. Mereka tengah mengikuti lomba bercerita.

“Hari ini ada beberapa lomba yang diikuti anak PAUD. Di antaranya lomba bercerita dan lomba keterampilan motorik,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati, Kamis (3/8).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kegiatan ini digelar untuk menggali potensi anak sejak dini. Termasuk membiasakan siswa untuk terbiasa tampil di depan publik melalui lomba bercerita.

“Ini salah satu upaya untuk merebut generasi emas 2045. Sedari dini kita mantapkan agar kedepan bisa berkembang optimal,” ungkapnya.

Di hari sebelumnya, juga digelar lomba dengan peserta guru PAUD, yakni alat peraga edukasi untuk guru dan lomba pembelajaran berbasis canva. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu menggali potensi yang dimiliki tiap siswa.

“Sehingga semuanya siap. Bukan cuma siswa SD dan SMP tapi juga siswa jenjang PAUD kita optimalkan kemampuannya,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)