Pasar Kawak Mulai Dibangun, Dinas Perdagangan Fasilitasi Kebutuhan Pedagang Di Area Relokasi




MADIUN – Proyek renovasi Pasar Kawak sisi Barat mulai dilaksanakan. Kios pedagang pun telah dikosongkan dan segera dibongkar. Untuk itu, seluruh pedagang menempati area relokasi yang disediakan.

Untuk memastikan proses relokasi berjalan lancar, Dinas Perdagangan melakukan pengecekan di lapangan. Petugas memastikan bahwa seluruh pedagang telah terfasiltasi dan nyaman di tempat sementara itu.

‘’Sebenarnya yang di Pasar Kawak itu sudah kita awali di bulan Maret untuk relokasi. Dan, saat itu kita sudah memberitahukan ke seluruh pedagang bahwa untuk pedagang akan ada relokasi karena renovasi pasar. Alhamdulillah, mereka dengan lapang dada bersedia direlokasi,’’ ujar Kabid Pengelolaan Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Madiun, Puguh Supradijanto saat memantau keadaan Pasar Kawak, Senin (7/8).

Dalam hal ini, area relokasi berada di Jalan Kutai untuk pedagang sayur dan kuliner. Serta, di Jalan Mahakam untuk penjual daging. Proses relokasi telah dimulai sejak 3 minggu lalu. Total ada sekitar 60 pedagang yang telah menempati area berjualan sementara itu.

‘’Kami pastikan material bangunan tidak lewat Jalan Mahakam, tapi lewat pintu pasar sisi Barat,’’ ungkapnya.

Meski berada di area relokasi, Dinas Perdagangan memastikan seluruh pedagang memperoleh fasilitas yang dibutuhkan. Seperti, listrik dan air. ‘’Walaupun tidak semua butuh air dan listrik tapi kami sudah assessment satu per satu agar mereka bisa beraktivitas sebagaimana mestinya walaupun memang namanya relokasi tidak seperti di pasar sebelumnya,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)